oleh

Alasan Kenapa Guru Wajib Buat Siswa Senang Saat Belajar

By Ini Diselenggarakan Oleh : -22 views
image source; http://sksekendu.blogspot.com

Tidak sedikit dijumpai siswa  yang sebenarnya pandai, tetapi nilai pelajaran di sekolah sangat rendah dan tidak sesuai dengan kemampuan yang sebenarnya dimiliki.

Hal ini terbukti saat siswa mengulangi pelajaran di rumah. Dengan soal yang sama, hanya ditunggu oleh orangtua ataupun pendamping belajar di rumah, tanpa dibimbing, ternyata siswa dapat mengerjakan semua soal dengan benar.

Meskipun keberhasilan seseorang tidak selalu korelasi dengan nilai pelajaran, namun setidaknya nilai tersebut sebagai salah satu parameter dari keberhasilan siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

Salah satu penyebabnya adalah suasana yang berbeda saat mengerjakan di sekolah dan di rumah. Barangkali saat mengerjakan soal di sekolah siswa dalam kondisi marah karena kurang senang dengan guru saat ulangan atau saat memberikan mata pelajaran.

Saat mengajar di dalam kelas, hendaknya guru dapat membuat siswanya senang. Dapat dengan cara diberi gambaran atau cerita lucu yang masih berkaitan dengan isi mata pelajaran, agar memudahkan siswa dalam menginat pelajaran.

Sehingga siswa akan terkesan dengan penyampaian gurunya dan niscaya materi pelajaran dapat selalu diingat. Bukan hanya saat memberi mata pelajaran saja, suasana senang di sekolah harus dapat diciptakan oleh guru saat ulangan harian, ulangan mid semester, ulangan semester, sampai ulangan kenaikan kelas ataupun ujian.

Bukan hanya saat memberi mata pelajaran saja, suasana senang di sekolah harus dapat diciptakan oleh guru saat ulangan harian, ulangan mid semester, ulangan semester, sampai ulangan kenaikan kelas ataupun ujian.

Apabila wajah guru kelihatan angker dan marah, niscaya siswa akan mempunyai rasa takut, yang akan menyebabkan konsentrasi belajar maupun mengerjakan soal kurang maksimal. Sehingga hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Guru senang kepada siswa, dan sebaliknya siswa juga senang kepada gurunya. Perasaan senang dapat menciptakan energi yang luar biasa. Dengan energi tersebut, akhirnya menimbulkan semangat siswa untuk mendengarkan materi pelajaran di kelas maupun saat mengerjakan soal-soal di sekolah. Materi pelajaran yang pernah diberikan gurunya akan mudah  diingat dan dihafal.

Disamping di sekolah, suasana senang juga harus diciptakan saat di rumah. Hal ini merupakan tanggungjawab orangtua. Dengan adanya kerjasama oleh guru saat di sekolah dan  orangtua saat di rumah, untuk membuat suasana senang, akan menjadikan siswa lebih semangat untuk menatap masa depan untuk menjadi generasi penerus bangsa.

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan