oleh

Lagi Nganggur? Baca Langkah Cerdas Mencapai Cita-Cita Ini

By Ini Diselenggarakan Oleh : -40 views

Ketika kita sedang menganggur, tidak punya pekerjaan. Pasti banyak sekali kita melamun. Namun hal tersebut adalah kegiatan yang malah membuat kita stress. Yang harus kita lakukan adalah berkreasi. Ingat berkreasi itu tidak harus menghasilkan pundi-pundi rupiah, tapi adalah menghasilkan karya.

Nah dari karya tersebut, jika kita tlateni pasti akan menghasilkan rejeki untuk kehidupan kita. Namun yang tak kalau penting dan bahkan harus diwajibkan adalah berdoa kepada Allah SWT. Dengan begitu, kita harus menyerahkan segala – galanya ke Allah, semua kembali ke sang pencipta, namun kita juga wajib untuk berusaha membangun jati diri.

Kali ini saya akan membagikan cara untuk menggapai cita-cita yang kita impikan.

• What do you want? Apa yang Anda inginkan?
Apa yang ingin Anda capai? Pikirkanlah sejenak. Silahkan ambil selembar kertas atau buku catatan atau bisa juga laptop, lalu tanyakan ke dalam hati kita, apa sih yang ingin kalian wujudkan dalam kehidupan ini – baik untuk beberapa bulan ke depan atau beberapa tahun berikutnya. Tulislah dengan jelas dan jangan ragu atau takut.

• What must you do? Apa yang harus dilakukan?
Jika Anda telah menggambarkan tujuan dengan jelas, berikutnya adalah memikirkan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan di atas. Impian tanpa usaha, hanya lamunan tak berguna. Jadi, pikirkan langkah-langkahnya, pilihlah langkahnya orang-orang bermental sukses, jangan salah jalan. Namun, jangan takut salah juga. Beranilah melangkah.

• What can you do? Apa yang bisa Anda lakukan saat ini untuk mewujudkan sebuah impian?
Jika telah merumuskan langkah-langkah yang harus Anda tempuh, selanjutnya adalah memikirkan langkah-langkah yang bisa dilakukan sekarang. Kenali kemampuan saat ini, lalu rumuskan langkah-langkah praktis yang akan dilakukan.

• Do it now! Lakukanlah sekarang juga program yang telah Anda tuliskan di langkah sebelumnya.
Lakukanlah sesuatu yang bisa dilakukan. Jangan menunggu segalanya sempurna. Mulailah dari hal-hal kecil, mulai sekarang juga. Do it now!

• Ingin jadi penulis? Pelajari ilmunya dan menulislah.
Tapi aku tak bisa menulis? Ambil buku, dan tulislah, aku tak bisa menulis, karena aku baru belajar menulis. Tulis saja apa yang ada dibenak semaumu.

• Evaluasi. Apa saja yang telah Anda lakukan? Silahkan lihat kemajuan yang telah dicapai.
Lakukan penilaian secara konstruktif, bukan secara destruktif (yang membuat lemah semangat), agar Anda bisa memperbaiki kerja di hari berikutnya. Lihat kembali program yang telah dibuat, lakukan penilaian, jika ada yang perlu diperbaiki, maka perbaikilah- bisa menambah atau mengurangi. Jika telah yakin dengan dengan koreksi yang telah dlakukan, buat kembali program baru yang lebih baik untuk melakukan yang lebih baik di kesempatan berikutnya.

• Perbaikan.
Jika kita telah melakukan proses evaluasi dengan baik, di langkah ini saatnya kita bekerja dengan lebih baik dari sebelumnya. Mulailah bekerja lagi dengan penuh semangat, teliti, sabar dan sesuai aturan agar kualitas kerja Anda benar-benar yang terbaik.

Cara Menerapan Konsep
1. tujuan jangka panjang : menjadi konsultan manajemen bisnis terhebat
2. tujuan jangka pendek : menjadi konsultan manajemen bisnis junior.
3. Strategi : mengikuti study dan training manajemen bisnis secara efektif dan efisien.
4. Program yang akan dilaksanakan : kuliah di universitas berkualitas, mengikuti training dan seminar manajemen bisnis, melakukan riset-riset dan kegiatan pendukung lainnya.

Misalnya, saat ini kita masih belajar di SMA kelas 2 semester akhir. Nah, sangat baik sekali jika rencana kuliah itu direncanakan sampai matang mulai saat ini. Namun, tak harus tergesa-gesa membuat rencananya. Di sini kita dituntut untuk bekerja keras dengan cerdas untuk mewujudkan cita-cita kita.

Rasanya ini tantangan yang cukup menarik bagi remaja yang punya ambisi positif.

Demikian artikel singkat dari saya yang disajikan hari ini, semoga bermanfaat.

BERHADIAH :

Tentang Penulis: Deni AbdLatif

Gambar Gravatar
The man who want tobe greater in the world

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 comments