oleh

Suka Duka Bekerja Online Jadi Publisher Google Adsense

By Ini Diselenggarakan Oleh : -38 views

Suka Duka Bekerja Online Jadi Publisher Google Adsense – Google Adsense adalah perusahaan penghubung pengiklan (advertiser) dengan publisher (Content Maker) secara online. Sejak dirilis bulan tanggal 18 Juni 2003, tiap tahunnya terus mengalami peningkatan dan sampai sekarang sudah jutaan orang bergabung menjadi Publisher iklan adsense. Bahkan sekarang semua orang didunia bisa mendaftarkan diri.

Banyak sekali pemuda-pemuda sukses yang lahir dari GA ini. Gak hanya di luar negeri, di Indonesia pun banyak sekali. GA resmi memasukkan negara Indonesia dalam daftarnya pendaftarannya, sejak itu pula lahir pemuda-pemuda berbakat dengan penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Namun apakah kalian tau, dibalik kesuksesan tersebut terdapat kesedihan dari seorang publisher Adsense? jangan sedih lah ya, lebih baik saya sebut kelemahan aja hehe. Berikut ini akan saya jabarkan sesuai dengan pengalaman pribadi saya sendiri.

Kali ini khusus GA blogger ya sobat, untuk youtuber dan developer mungkin akan saya bahas di kesempatan mendatang.

SUKA : 

  1. Bisa bekerja bebas tanpa ada yang mengatur kita, karena kita sebagai pekerja sekaligus bosnya
  2. Serasa dunia milik kita, karena kita akan sering berselancar di internet dari pada beraktivitas diluar. Tapi kalau bisa mengatur waktu, maka kegiatan diluar akan lebih banyak jika kita tidak mulu mengejar uang.
  3. Tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih, karena kita cukup duduk di depan layar komputer sambil ngopi dan ketik-ketik tulisan di blog aja.
  4. Bahagianya, saat gajian tiba, Kita bisa membeli barang-barang impian atau membahagian kedua orang tua di masa muda.
  5. Bisa berbagi pengalaman kepada teman-teman untuk memotivasi. Seolah-olah kita adalah seorang motivator terkenal.
  6. Bisa mendapatkan ilmu lebih yang sebagian besar orang diluar sana khususnya yang bekerja offline tidak memilikinya. Khususnya ilmu memaksimalkan website agar mendapatkan penghasilan lebih dari GA.  Ini ilmu akan datang ketika kita selalu trial error.
  7. Bisa membuka lapangan kerja, untuk saudara kita yang menganggur sebagai content writer

Mungkin itu saja ya, itu yang saya rasakan saat ini. Mungkin blogger lain beda cerita. Lanjut lagi yah.

DUKA : 

  1. Menjadi anak rumahan, mengingat pekerjaan selalu di depan komputer atau laptop. Bekerja bebas tanpa ada bos, seenaknya semaunya. Sampai-sampai kita lupa akan aktivitas diluar sana, bahkan bisa menjadi penghalang untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Ini harus diperbaiki sedikit – demi sedikit.  Namun semua itu tergantung orangnya ya sobat, ini pengalaman pribadi saya. Dulunya.. hehehe.
  2. Jika kamu hidup di desa seperti saya dan punya pekerjaan full time blogger, maka bersiaplah untuk di judge oleh tetangga kita. Punya pesugihan lah, main judi online lah dan lainnya. Tapi jika mereka sudah tau dan kita jelaskan, semua akan menganggap pekerjaan ini pekerjaan biasa. Jadi jangan sampai kita menjadi orang yang tertutup, karena kesuksesan kita.
  3. Boros pengeluaran. Bukan tidak mungkin, karena kita mudah mendapatkan uang, tanpa perlu bekerja keras. Sehingga dengan mudah kita memutuskan beli ini beli itu, bikin ini bikin itu. Bahkan yang tidak bermanfaat buat kita pun kita beli dan akhirnya hanya menjadi sebuah rongsokan.
  4. Selalu dikejar pekerjaan, bagaimana tidak, kita bekerja menulis artikel harus mengikuti trend yang ada, sehingga kita akan terus dihantui oleh Trend internet. Kalau kita tidak ambil, maka penghasilan akan biasa saja bahkan menurun. Beda cerita kalau kita mempekerjakan beberapa karyawan.
  5. Algoritma google dan TOS GA yang suatu saat berubah tanpa sepengetahuan kita. Website yang tadinya nomor satu di pencarian, bisa turun peringkat bahkan anjlok entah kemana perginya. Kemudian jika peraturan publisher berubah, kita tidak tahu, bisa-bisa kita langsung di banned. Kembali lagi pada poin diatasnya ini, kita harus selalu up to date.
  6. Lebih suka bekerja di malam hari hingga menjelang pagi. Karena malam itu lebih tenang, waktunya juga lebih panjang. Hal buruk yang bisa terjadi, kita jadi orang pemalas karena sering bangun siang. Bahkan bisa sakit melanda kita dengan mudah. Solusinya kita harus meluangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan diluar.
  7. Menjadi Bank. Loh kok bank? pasti banyak orang mengira kita punya banyak uang, sehingga menjadi tempat tujuan para nasabah yang ingin hutang uang kepada kita. hehe, itu kalau hidupnya di pedesaan lho ya.
  8. Rate klik iklan GA menurun. Ketika rate klik untuk negara kita menurun, maka kita juga akan merasakan imbasnya. Penghasilan akan turun. Biasanya di moment-moment tertentu. Seperti tahun baru (awal tahun), Saat hari raya, dan moment hari lainnya.

Itu saja sobat, Mungkin ada sedikit yang sama dengan anda para blogger. Seperti yang sudah saya bilang tadi, beda blogger beda pengalaman ya. Jadi jangan menjadikan ini sebagai patokan.

Jika kamu ingin menjadi seorang blogger, pastikan kamu mencari informasi-informasi yang bisa memotivasi kamu. Yang terpenting adalah kita punya IDE. IDE itu banyak dan setiap orang akan berbeda ide. Jika kita punya ide langsung saja direalisasikan, jangan menunggu orang lain merealisasikan duluan. Karena kita bisa tahu hasilnya kalau kita sudah membuktikannya.

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

7 comments