oleh

U-Dictionary Bukan Kamus Biasa

Publisher -231 views

U-Dictionary on Playstore

Holla fellas, Kali ini mimin pengen review aplikasi kamus yang literally extraordinary buat kalian yang mau upgrade Bahasa Inggris atau bahkan yang mau belajar/kursus tapi modal pas-pas an banget. Oke kita kenalan dulu yuk sama aplikasi kamus ini.

U-Dictionary adalah kamus offline dan online yang ringan dan mudah untuk digunakan dalam pembelajaran. Dikembangkan oleh Youdao, perusahanan developer yang sebelumnya berinduk pada Youdao.com sebagai portal website kamus. Kamus ini bisa menerjemahkan ke 39 bahasa yang berbeda. Banyak kelebihan yang membuat mimin merekomendasikan U-Dictionary. Termasuk pada tampilan nya yang user friendly, sehingga memungkinkan pengguna tidak perlu bersusah payah dan kebingungan dalam mengoperasikannya. Kenapa diawal mimin udah bilang “ini bukan kamus biasa”? Ya karena kalo biasa aja, kita cukup pake google translate selesai. But more than it, tanpa banyak kata lagi. let’s check it!

1. Mesin terjemah lebih dari 30 bahasa di dunia.


Jadi gak hanya Bahasa Inggris aja ya, tapi juga bisa ke bahasa mandarin, jepang, vietnam dan masih banyak lagi. Kamus ini punya tampilan yang super kece abis. Di samping sebagai mesin penerjemah, banyak fiturnya yang bisa membantu belajar mulai dari kosakata, pengucapan, sinonim & antonim, kuis dll. So, kalo ada mesin kaya bahasa seharusnya kamu juga bisa dong.

2. Phonetic symbol dan pronunciation

Mungkin dari fellas masih ada yang bingung apa itu phonetic symbol. Phonetic symbol adalah simbol atau huruf karakter yang menyusun kata dalam penulisannya. Dimana setiap karakter mempunyai masing-masing pengucapan dan suara yang berbeda. Yap! seperti Alphabet pada umumnya tapi ada tambahan monophtong dan diphtong sesuai aturan IPA (International Phonetic Alphabet) atau APA (American Phonetic Alphabet).

Sedangkan Pronunciation adalah cara pengucapan kata tersebut. Dalam bahasa Inggris terdapat 2 style yang dikenal luas sebagai British Accent dan American Accent. Dalam U-Dictionary memang kamus paket lengkap deh. Ketika kamu mencari terjemah suatu kata, maka akan muncul phonetic symbols beserta cara pengucapan 2 accent sekaligus. Gimana, tertarik belajar kilat gak?

3. Dilengkapi Translate OCR

Tampilan Kamera OCR

Pernah gak liat buku atau artikel yang full english tapi kalian gak bisa nangkap apa maksud teks tersebut. U-Dictionary punya fitur canggih yang namanya OCR Translate, dimana kalian bisa mengambil foto teks kemudian si kamus pintar ini akan otomatis menerjemahkan secara kilat dalam sekian detik loh.
Tapi perlu diketahui untuk menggunakan fitur ini, kalian harus terkoneksi dengan internet ya. Jadi makin mudah kan kalo ada tugas translate teks seabrek langsung cuzz foto jebret.

4. Cek Grammar

Tampilan cek tata bahasa

Siapa yang suka dilema pas disuruh tugas writing english. Karena bagaimanapun belajar Bahasa Inggris itu mudah gak mudah. Banyak yang belajar vocabularies tapi pas diminta nulis, bingung mau nulis apa, takut salah penulisanya, takut gini gitu. Siapapun kamu, newbie atau learner bisa coba fitur cek tata bahasa biar makin pede. Mesin penerjemah ini mentranslate dengan hasil yang cukup akurat.

5. Klub menulis, video virtual, hingga permainan

Tampilan fitur tambahan

Kamus ini dilengkapi banyak menu menarik agar pembelajaran gak cepat bosan. Banyak video virtual yang kontennya membahas tentang bahasa, dengan penyampaian yang gak kalah kece karena kamu dijamin bakalan cepat nangkap ilmu. Game edukasi ini juga disajikan ke dalam bentuk yang kreatif, semakin kalah maka akan semakin tertantang untuk replay permainan ini. Last but not least, kuis harian nya juga seru banget, kita bisa belajar mengeja vocabulary setiap hari.

So kita bisa mengukur kemampuan mengingat kita secara harian. Ada juga klub menulis untuk melatih dan mengolah ide kita agar menjadi sebuah karya tulisan. Kita gak cuma belajar materi melulu, tapi juga giat praktek secara bertahap. Dan mimin pastikan kemampuan berbahasa kamu makin thumb up deh!

Banyak kan manfaat kalo kamu punya U-Dictionary? Pastinya udah pada canggih sekarang kalo ngadepin bule pake aplikasi ini. Tetap semangat belajar dan praktek bahasa dimanapun dan kapanpun. Cause learn without practice was zero.

Tentang Penulis: dwi aprilia

Gambar Gravatar
Saya adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, yang sedang belajar menulis lewat blog, Semoga bisa mengembangkan ide-ide dan menjadi Content writer professional.

Komentar

Tinggalkan Balasan