Android Awalnya untuk Kamera, Apakah Kalian Tau?

Diposting oleh :
Kategori :

Hello teman – teman pengunjung setia serbakuis.com,

Kali ini zendrato team akan mencoba “mengingatkan” kembali tentang sejarah singkat mengenai OS (Operation System) terpopuler yang saat ini di miliki oleh raksasa internet, Google.Inc

Baiklah, here we go!

 

Di 15 tahun yang lalu, tepatnya pada Tahun 2003, Andy Rubin (lebih akrab di panggil Rubin) memulai sebuah penelitian dan pengembangan sebuah system operasi secara diam-diam yang dimana tujuan awal pengembangan system  operasi di peruntuknya dengan tujuan akan di gunakan di dalam sebuah Kamera Digital.

Namun seiring berjalannya waktu, kemudian team yang terdiri dari beberapa pakar ininya menyadari pangsa pasar untuk kamere digital yang akan mereka kejar pasar penjualannya tidak terlalu luas. Itu artinya kemungkin besar pengunaan system operasi mereka tidak akan terlalu banyak.

Dilain sisi, saat semua sedang berjalan, Rubin kemudian kehabisan uang saat sedang dalam pengerjaan proyek yang kelak menjadi System Operasi Terpopuler di dunia ini,

Di saat saat kehabisan dana, seorang pengusaha bernama Steven Perlman kemudian meminjamkan uang tunai senilai $ 10.000 ( sekitar seratus juta dalam rupiah ) pada tahun itu.

Perlu di ingat, disini uang $ 10.000 dipinjamkan, sebenarnya jika sang pengusaha, Steven Perlman mau menjadikan itu sebagai modal dalam menanamkan modal menjadi sahamnya, itu bisa saja, namun hal itu tidak dilakukannya pasa saat itu, sebelumnya tawaran untuk saham sudah di berikan kepadanya, namun kemudia dia menolaknya.

 

Kembali ke topik,

System operasi Android, si robot hijau ini di desain awalnya untuk kamera, bisa kita banyaknya betapa canggihnya jika aplikasi ini di gunakan dalam sebuah perangkat Kamera Digital, hanya saja team yang di bentuk oleh Rubin sudah memprediksikan bahwasanya penggunaan kamera digital akan kalam jumlah jika dibandingkan dengan pengguna ponsel, hal inilah yang menjadi alasan kuat  pihak rubin untuk merubah tujuan dari Kamera digital menjadi Ponsel.

Namun pada saat itu, dengan rasa percaya diri dari teamnya, mereka kemudian melanjutkan perancangan system operasi ini walau sebenarnya mereka memiliki pesaing yang sangat kuat kala itu.

Pesaing terkuat mereka saat itu antar lain adalah Symbian dan Windows Phone ( iPhone tidak termasuk saingan mereka karena pada saat itu iPhone belum dirilis)

Namun dengan kelebihan system operasi yang berbasis Linux, pada ahirnya system operasi ini lebih di minati oleh para pengguna, dan 7 tahun kemudian, tepatnya tahun 2010 Android berhasil mengalahkan System Symbian, hal ini bisa tercapai tentu saja tidak terlepas dari campur tangan google, Google mengakusisinya pada tahun 2005, dan 2 tahun kemudian, di tahun 2007, Android secara resmi di rilis ke publik.

 

Sungguh pilih yang sangat tepat, mengalihakan dari Kamera digital ke Ponsel.

Mungkin perkiraan dari penulis, (zendrato team) jika pada waktu itu, Rubin dan teamnya tidak mengalikan dari digital, pendapat yang mereka dapat tidak akan sebesar pendapat yang meraka dapatkan pada saat ini,

Seperti kita ketahui bersama, pendapat google saat ini saat di pengaruhi oleh system operasi ini, mulai dari meningkatnya jumlah pengguna akun google, jumlah penonton youtube, pembelian app di playstore dan lainnya.

Demikian informasi singkat dari zendrato team, semoga bermanfaat dan semoga bisa menyegarkan kembali ingatan teman teman pengunjung setia serbakuis.com mengenai sejarah android.

Rgds,

Rgds, onald

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

  1. Nah, ini juga tulisan ane tulis dengan setulus hati.
    Tujuan awal saya buat tulisan ini ketika saya sedang ngobrol bareng sama teman,
    dan pada ahirnya, saya terpikir untuk membuat tulisan ini.

    semoga bermaffat.

  2. Cakep Zendrato and teammates nih, banyak mengupload tentang teknologi zaman sekarang. Keep on your way Zendrato!