oleh

Punya Usaha Sampingan Sambil Kerja, Ini Dia 4 Manfaatnya!

4 Manfaat Punya Usaha Sampingan Sambil Jadi KaryawanMenjadi karyawan memang ada kelebihannya tersendiri, dan salah satu alasannya adalah penghasilan alias gaji yang stabil serta konsisten. Meski demikian, tak sedikit karyawan yang juga menjalankan usaha sampingan dengan berbagai alasan. Misalnya untuk menambah pemasukan atau menjalani bidang yang sebenarnya menjadi passion-nya selama ini.

Waktu bisa jadi merupakan tantangan terbesar bagi para karyawan yang menjalankan bisnis sampingan, dan Anda mungkin salah satu orang yang juga merasakan hal serupa. Dan alasan inilah yang membuat Anda masih ragu untuk memulai bisnis sampingan Anda sendiri, karena Anda khawatir tidak bisa membagi waktu antara urusan kantor, usaha sampingan, dan waktu untuk pribadi.

Meski demikian, sebenarnya justru ada lebih banyak keuntungan atau manfaat yang bisa Anda rasakan jika Anda memulai bisnis sampingan Anda sendiri, lho! Jadi, buat Anda yang masih juga ragu untuk memulai usaha Anda sendiri, lanjut baca artikel ini supaya Anda jadi lebih semangat mewujudkan impian Anda, yuk! Selamat membaca!

4 Manfaat Punya Usaha Sampingan Sambil Jadi Karyawan

1. Punya sumber penghasilan ekstra.

Tentu saja ini adalah manfaat usaha sampingan yang paling jelas dan utama. Karena biasanya para karyawan yang memulai usahanya sendiri membutuhkan pemasukan tambahan lantaran satu dan lain hal.

Misalnya karena gaji yang pas-pasan setara UMR, sementara harga kebutuhan sehari-hari terus naik atau karena bertambahnya anggota keluarga. Atau karena gaji yang diperoleh pas dan pemasukan tambahan dari bisnis sampingan pun digunakan sebagai tabungan untuk masa depan.

Apapun alasan yang mendasari seseorang untuk mencari penghasilan tambahan dengan menjalankan bisnis tambahan, memang tak bisa dipungkiri bahwa faktor ini merupakan motivasi utama yang juga menjadi manfaat paling nyata yang dapat Anda rasakan.

Ditambah lagi, Anda bisa memulai usaha sendiri dengan perasaan lebih tenang mengingat Anda jelas punya sumber pemasukan utama yang tetap dan pasti tiap bulannya.

2.  Risiko lebih minim.

Nah, bicara soal rasa tenang memulai usaha sampingan sambil tetap menyandang status karyawan, faktor ini juga sangat signifikan, lho! Coba bayangkan jika Anda langsung memilih resign atau keluar dari pekerjaan Anda, dan nekat memulai usaha sendiri bermodalkan tabungan atau gaji terakhir.

Padahal, belum ada jaminan bahwa usaha baru Anda akan langsung memberikan keuntungan sebesar gaji Anda dalam waktu singkat. Kalau begini, yang ada justru uang Anda ludes dan kondisi keuangan jadi mengkhawatirkan, kan?

Ingat bahwa Anda selalu butuh waktu agar bisnis Anda bisa berkembang, mulai menghasilkan keuntungan, dan menjadi sukses. Oleh karena itu, sambil menunggu bisnis Anda jadi lebih mapan dan mampu menghasilkan pemasukan yang memuaskan, Anda akan lebih tenang jika tetap mempertahankan status karyawan dengan gaji bulanan Anda yang stabil dan tetap.

3.  Mengembangkan kemampuan diri.

Pekerjaan Anda di kantor saat ini mungkin lebih fokus pada desk job yang terlalu fokus pada hard skill atau keahlian teknis Anda sendiri. Sementara itu, masih ada banyak skill lain yang sebenarnya bisa Anda kembangkan dan tingkatkan, namun pekerjaan di kantor tidak memberikan Anda banyak kesempatan untuk melakukannya.

Di sinilah usaha sampingan bisa membantu Anda. Karena di awal Anda merintis bisnis Anda sendiri, Anda juga akan menjalankan segalanya sendirian dulu. Mulai dari mengelola keuangan bisnis, berkomunikasi dan bernegosiasi dengan supplier dan vendor, memasarkan bisnis di berbagai channel online maupun offline, hingga berinteraksi langsung dengan calon pembeli.

Meskipun memang terdengar merepotkan, seluruh aktivitas tersebut bisa melatih Anda untuk mengembangkan kemampuan diri, melatih diri Anda untuk memelajari skill baru, dan pastinya menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru dengan banyak pelajaran berharga.

4.  Menambah resume.

Lalu, apakah kemampuan baru yang Anda dapatkan dari usaha sampingan bisa memberikan dampak positif pada diri Anda sebagai seorang karyawan? Tentu saja bisa! Soalnya, seluruh kemampuan tersebut bisa Anda tambahkan ke dalam resume, CV, atau bahkan portofolio Anda.

Apalagi berbagai perusahaan saat ini semakin menghargai karyawan dengan potensi dan keinginan untuk belajar dan berkembang yang tinggi. Dan dengan menunjukkan bahwa Anda juga terbuka atas segala kemungkinan pengembangan diri dan mau belajar hal-hal baru, perusahaan Anda sekarang akan melihat Anda sebagai aset yang lebih berharga, dan nilai Anda di tengah persaingan dunia kerja yang semakin ketat akan semakin meningkat.

Kesimpulan

Tak perlu minder kalau usaha sampingan yang akan Anda rintis masih berskala kecil – semua perusahaan besar dan sukses yang Anda lihat sekarang pasti bermula dari bisnis yang kecil, kok!

Selama Anda terus bersemangat dan pantang menyerah, bukan mustahil bagi bisnis kecil Anda untuk ikut berkembang dan jadi sukses di kemudian hari. Selamat berjuang!

MENANGKAN HADIAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.