oleh

14 Makanan Khas Saat Lebaran di Berbagai Negara di Dunia

By Ini Diselenggarakan Oleh : -60 views

Ketupat selalu mejeng di meja hidangan saat lebaran di Indonesia. Tapi tidak semua daerah begitu juga, pastinya ada makanan khas yang wajib nangkring di atas meja saji.

Ketika hari raya Idul Fitri, tak hanya di Indonesia yang mempunyai makanan khas. Di negara-negara lainpun juga punya ciri khas menu makanan lebaran nya sendiri.

Kali ini saya akan bagikan informasi mengenai, makanan-makanan khas lebaran dari berbagai negara di dunia. Anda bisa membacanya dibawah ini, kita mulai dari negara kita sendiri.

1. Ketupat – Indonesia

https://bandoenglover.wordpress.com
Kalau di Indonesia lebaran belum lengkap tanpa adanya ketupat dan opor ayam. Makanan ini sudah menjadi hidangan khas saat lebaran dan tradisi turun termurun. Meskipun kamu masih bisa memakan opor kapan saja, tapi akan berbeda jika menikmatinya pada saat Lebaran.

2. Ceebu Jen – Afrika Barat.

http://forkinaroundtown.blogspot.com

Ceebu Jen merupakan makanan tradisional Senegal yang identik dengan lebaran. Ceebu Jen adalah masakan yang dibuat dari nasi, ikan dan sayur khas Afrika Barat.

3. Kulhi Boakibaa – Maladewa

Jika kamu mengunjungi Maladewa saat hari raya Idul Fitri, kamu akan mendapatkan sajian gulha dan kulhi boakibaa. Kedua masakan ini merupakan hasil olahan laut. Gulha sendiri merupakan bola-bola yang terbuat dari ikan, sedangkan kulhi boakibaa adalah nasi yang dicampur dengan daging tuna segar.

4. Sup Mie La Mien – Tiongkok

https://www.tripadvisor.com.ph

Meskipun menjadi kaum minoritas, umat muslim di Tiongkok juga sangat antusias dalam menyambut lebaran. Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu yang ditarik-tarik dengan tangan hingga panjang. Sup mie la mia selalu menghiasi meja setiap rumah pada saat Lebaran.

5. Kebab – Timur Tengah

www.babarafi.com

Kebab menjadi hidagan yang wajib ada pada saat hari raya di daerah Timur Tengah. Kebab di Timur Tengah dimasak dan diolah dengan berbagai macam cara. Ada yang disajikan mirip burger hingga seperti sate.

IKUTI LOMBA RESEP TERBARU DISINI

6. Inggris – Biryani

https://food52.com

Biryani, merupakan makanan yang terbuat dari campuran nasi dan daging yang disajikan dengan penuh bumbu. Diberikan taburan ayam dicampur dalam biryani ini. Ini merupakan hidangan terpopuler sepanjang tahun ketika lebaran di Inggris. Selain itu juga ada salad dan acar yang menemaninya.

7. Khurma Sheer – Bangladesh, India, Pakistan

http://aryzauq.tv

Di India dan negara lainnya seperti Bangladesh dan Pakistan mempunyai makanan yang sangat khas untuk dinikmati saat lebaran tiba. Namanya adalah Khurma Sheer. Makanan ini terbuat dari bahan kacang almond, kurma kering dan susu.

8. Biskuit / Cookies – Suriah, Mesir, Lebanon, Irak, Palestina

Semua pastinya mengenal yang namanya biskuit cookies. Nah makanan kering ini selalu disuguhkan untuk tamu saat perayaan Idul Fitri di negara-negara seperti Irak, Mesir, Suriah, Lebanon dan Palestina. Biskuit yang dibalut dengan taburan kacang almond atau kacang pinus ini sangat khas, terkadang ada juga yang diberi toping kurma, madu atau kacang kenari.

9. Laasida dan Tagine – Maroko

baca.co.id

Hidangan lebaran yang satu ini mirip dengan puding nasi. Untuk membuatnya dibutuhkan bahan seperti madu, buah kering, mentega, daging dan bumbu-bumbu rempah lainnya. Rasanya enak dan sangat menggugah selera kita untuk mencobanya.

IKUTI LOMBA MEMASAK TERBARU DISINI

10. Bolani – Afghanistan.

http://www.foodaholic.biz

Setiap hari raya Idul Fitri, di Afghanistan terdapat makanan khas yang terbentuk dari roti lapis yang diisi dengan sayuran hijau, labu, kentang atua bayam. Bolani ini menjadi makanan orientasi perayaan lebaran di negara tersebut.

11. Manti – Russia

http://kellyhevel.com/

Sekilah makanan ini seperti pizza, namun ini adalah Manti yang dibuat dari pangsit yang berbahan daging domba. Bumbu rahasia yang ada dalam makanan ini membuat setiap kunyahannya membuat ketagihan siapa saja yang mencobanya.  Manti adalah makanan yang lezat untuk dihidangkan saat lebaran di Russia.

12. Aseeda – Yaman

www.theafricangourmet.com

Terbuat dari madu dan gandum, Aseeda adalah makanan khas yang secara turun temurun selalu dinikmati saat perayaan Idul Fitri di Yaman. Makanan khas ini biasanya disajikan saat masih benar-benar panas untuk bisa merasakan kenikmatannya.

13. Baklava – Turki

www.allrecipes.com

Tidak akan lengkap rasanya kalau lebaran di Turki tanpa ada Baklava. Ini merupakan menu hidangan manis yang wajib di cicipi dan sangat populer di Turki. Makanan ini terbuat dari lapisan tepung pastry yang diisi dengan kacang dan krim, kemudian disajikan bersama sirup atau madu.

14. Cambaabur – Somalia

Kalau denger kata Somalia, pasti yang ada dibenak kita adalah bajak laut. Hehe. Tapi bukan itu, karena di Somalia juga banyak umat muslim yang ketika hari idul fitri menyajikan makanan berupa roti khusus yang diberi nama Cambaabur. Roti ini teksteurnya seperti crepes yang dibumbui dengan rempah seperti bawang merah, cabai bawang putih dan kunyit.

Itulah daftar beberapa makanan khas yang selalu disajikan saat lebaran tiba dari berbagai negara. Apakah anda ingin mencobanya? langsung saja cari resep makanan tersebut untuk disajikan saat idul fitri nanti, agar membuat tamu penasaran untuk mencobanya. Mengingat ketika lebaran tiba, kalau makanan hidangannya itu-itu saja, pasti sudah pada bosan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

BERHADIAH :

Tentang Penulis: Robbi Firmansah

Gambar Gravatar
Mahasiswa Teknik Informatika. Jakarta.ID

Komentar

Tinggalkan Balasan

3 comments