oleh

Begini Pentingnya Pendidikan Anak Sejak Dini

By Ini Diselenggarakan Oleh : -99 views

Setiap orangtua pasti mendambakan setiap anaknya tumbuh baik dan cerdas. Anak yang baik diharapkan mempunyai akhlak mulia dan berbudi pekerti luhur, sedangkan anak cerdas diharapkan mempunyai masa depan cerah.

Untuk meraih hal tersebut, setiap orangtua harus mendidik anak sejak dini. Pendidikan pada masa kecil merupakan tonggak dan landasan bagin pendidikan selanjutnya. Dasar pendidikan anak yang harus ditanamkan pertama kali adalah akhlak atau kepribadian. Setidaknya terdapat dua hal yang dapat dijadikan bahan bagi para orangtua untuk mendidik anak sejak usia dini :

1. Sikap Jujur

Perlu diketahui bahwa kejujuran merupakan dasar untuk membentuk akhlak dan pribadi yang baik bagi anak. Sikap jujur tidak tumbuh begitu saja, melainkan perlu keteladanan dan pembinaan terus menerus.

Hal yang harus diperhatikan yaitu apabila satu kali berbuat bohong , maka akan mendorong untuk melakukan bohong kedua kalinya dan seterusnya untuk menutupi kebohongan yang pertama. Artinya anak yang suka berbohong sulit untuk berbuat jujur. Apabila ada tanda-tanda anak akan berbohong, orangtua harus segera mengingatkan bahwa hal itu tidak baik dilakukan.

2. Dapat Dipercaya

Salah satu langkah untuk melatih kepercayaan kepada anak antara lain dengan memberi suatu tugas yang sesuai dengan kemampuannya.  Anak yang dapat dipercaya akan melaksanakan amanat yang diberikannya dan bertanggungjawab terhadap hal yang dilakukannya. Dapat dipercaya itu merupakan salah satu ciri dari manusia dewasa.

Lebih disarankan lagi, bila anak berhasil melakukan dengan baik maka orangtua bisa memberinya penghargaan baik berupa pujian ataupun barang. Ini akan menambah semangat kepada anak untuk lebih baik dalam melaksanakan tugas selanjutnya.

Sebaliknya, bila anak belum bisa menyelesaikannya, orangtua jangan langsung memarahinya. Tanyalah si anak , mengapa hak itu bisa terjadi. Berikutnya orangtua bisa menunjukkan cara terbaik untuk menyelesaikannya. Dengan cara demikian anak tidak merasa kecewa dan kehilangan harga diri.

Apabila dua bahan  pendidikan di atas sudah tertanam dalam diri anak sejak dini, niscaya  akan membentengi pribadinya dari pengaruh yang tidak baik. Lambat laun,  kecerdasan anak akan berkembang dengan baik dan menggunakan kepintaran untuk hal2 yang terpuji dan bermanfaat bagi masyarakat. Setelah menginjak dewasa, mereka akan dapat membedakan baik dan buruk, benar dan salah serta terpuji dan tercela dalam kehidupan sehari-harinya.

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 comments