oleh

Cara Mudah Bedakan Lobster Air Tawar Jantan dan Betina

By Ini Diselenggarakan Oleh : -199 views

Cara Mudah Bedakan Lobster Air Tawar Jantan dan Betina – Jika anda niat untuk budidaya Lobster Air Tawar, sebaiknya anda harus tau dulu sebelum melakukan pembenihan Lobster Air Tawar tesebut. Hal yang harus diketahui pembudidaya adalah dengan mengetahui lebih dulu perbedaan antara Lobster jantan dan betina.

Cara membedakannya yang paling mudah adalah dengan menggunakan visual dari atas.

LOBSTER AIR TAWAR JANTAN
Untuk lobster Jantan pada capit sebelah luarnya mempunyai bercak atau garis merah. Tetapi warna tersebut akan muncul ketika Lobster sudah berumur 3 – 4 bulan atau setelah lobster berukuran 3 inchi (7cm).

Tanda merah ini juga merupakan tanda Lobster Air Tawar jantan yang sudah siap Kawin (Matang Gonad). Selain tanda di capit tersebut, tanda lobster jantan juga bisa diketahui dengan cara membalikkan lobster di posisi telentang dan lihat pada kaki jalan paling akhir di pankal ada dua buah tonjolan, itu adalah testisnya.

LOBSTER AIR TAWAR BETINA
Sedangkan untuk lobster air tawar berkelamin Betina, pada capit tidak akan ada warna merah, dan ada dua lubang disetiap pangkal kaki urutan ketiga dari bawah (ekor). Lubang tersebut adalah kelamin betina dan untuk mengeluarkan telurnya.

Masih ada cara lagi, dimana jantan dan betina lobster pun bisa dibedakan dari ukuran tubuhnya. Pada umumnya ukuran lobster betina akan lebih kecil dibanding lobster Jantan. Hal tersebut dikarenakan pada lobster betina mengalami masa puasa ketika ia mengerami telurnya, sehingga lobster air tawar betina akan sedikit makan makanan.

Itu saja artikel kita hari ini, semoga bermanfaat

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 comment