oleh

Gak Hanya Cegah Dehidrasi! Inilah Akibat Banyak Minum Air Putih

By Ini Diselenggarakan Oleh : -36 views

Hasil gambar untuk air putihHai sobat, saat puasa kita menahan segala sesuatu baik makanan, minuman, maupun nafsu. Biasanya kita lebih bisa menahan lapar daripada harus menahan haus. Lha terus, gimana dong kalau saat puasa? Gimana kalau mengalami dehidrasi saat puasa?

Hal ini tentu bisa diatasi sobat, jangan khawatir ya. Manusia minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari bukan? Kita bisa memenuhi kebutuhan minum kita saat kita berpuasa. Mau tau kan gimana caranya? Terus baca artikel ini ya sobat. Pertama, aku bakal menjelaskan apa sih pentingnya air putih bagi tubuh kita.

Beberapa manfaat dari memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah:

  • Mencegah dehidrasi

Kekurangan cairan memiliki berbagai efek samping seperti dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Air bisa membantu dalam meningkatkan dan juga mempelancar sistem peredaran darah di tubuh manusia. Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.

  • Membantu mengeluarkan racun

Keringat dan urin merupakan proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air dapat membantu mengeluarkan cairan keringat serta menurunkan risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

  • Membantu kinerja ginjal

Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu meringankan kerja ginjal sehingga mencegah penyakit batu ginjal dan gagal ginjal. Ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin. Ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan tubuh.

  • Mengontrol nafsu makan

Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minum air dan nafsu makan. Minum air sebelum makan dapat mengontrol nafsu makan yang dapat berdampak pada penurunan berat badan.

  • Membantu distribusi gizi

Air diperlukan untuk memproses semua zat gizi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dan membawa zat gizi tersebut ke seluruh sel-sel tubuh melalui sistem limfatik.

  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Sekitar 60 persen tubuh manusia itu terdiri dari air lho. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Dengan mengkonsumsi cairan bisa membantu lembabkan kulit, sehingga membuat kulit kita terus segar, lembut, halus dan bercahaya. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek yang dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan jerawat. Konsumsi air yang cukup ini bisa meningkatkan pemrosesan racun yang keluar dari keringat secara lancar yang akhirnya dapat membuat kulit halus dan cerah.

  • Mencegah penyakit berbahaya

Manfaat air putih lainnya adalah untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit ini antara lain seperti kanker dan stroke, ada banyak sekali penyakit lain yang bisa dicegah hanya dengan minum air putih minim 2 liter/hari. Selain itu manfaat terpenting air putih adalah menurunkan kadar racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni. Semakin banyak kita minum air putih maka akan semakin banyak racun yang akan dibuang dari dalam tubuh kita.

Nah, yang ditunggu-tunggu, Bagaimana cara mengatur asupan air saat berpuasa?

  1. 1 gelas saat berbuka puasa
  2. 1 gelas setelah berbuka puasa
  3. 1 gelas setelah sholat maghrib
  4. 1 gelas setelah sholat terawih
  5. 1 gelas setelah makan malam
  6. 1 gelas sebelum tidur
  7. 1 gelas sebelum sahur
  8. 1 gelas setelah makan sahur

Itulah cara mengatur supaya asupan air putih kita tetap terjaga saat kita melaksanakan ibadah puasa sehingga Insyaallah kita tidak akan dehidrasi sobat 🙂 semoga puasa sobat lancar ya .

semoga bermanfaat 🙂

sumber :

  1. https://www.citrust.id/manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur.html
  2. http://lagizi.com/pentingnya-air-bagi-tubuh
BERHADIAH :

Tentang Penulis: Rahmada Pasha

Gambar Gravatar
Nama saya adalah Laela Rahmadapasha. Saya mempunyai dua orang tua yaitu Muhammad Abdulbar dan Umroh Mahfudhoh.Saya anak terakhir dalam keluarga saya. Saya lahir di Magelang pada 22 Desember 2000. Saat ini, umur saya 17 tahun.Saya adalah seorang lulusan dari SMAN 1 MAGELANG yang akan masuk kuliah pada tahun ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

9 comments