oleh

Keuntungan dan Kerugian Kuliah/Kursus Online

By Ini Diselenggarakan Oleh : -112 views

Pandemi Covid19 belum diprediksi kapan berakhir sudah 3 bulan lebih paramedis sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan para pasien-pasiennya, ada yang sembuh bahkan ada yang meninggal. Melihat fenomena inilah maka pemerintah menganjurkan untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah masing-masing. Nah untuk belajar di rumah, banyak sekolah-sekolah dari tingkat PAUD sampai perguruna tinggi diliburkan, tetapi aktivitas perkuliahanya diganti dengan cara online. Nah pertanyaanya adalah keuntungan dan kerugian kuliah online bagi mahasiswa, berikut penulis akan memaparkanya sebagai berikut:

KEUNTUNGAN:

Keuntungan terbesar dari kursus online adalah kelas dan instruktur Anda (secara teoritis) tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Satu-satunya alasan Anda untuk kelas yang hilang adalah tidak online! Jika tidak, semuanya tersedia untuk Anda. Anda dapat memperoleh pengumuman, mengakses catatan, meninjau tugas, mengikuti kuis latihan, mendiskusikan pertanyaan, mengobrol dengan sesama siswa dan belajar kapan saja Anda mau. Selain tanggal jatuh tempo tertentu, Anda membuat jadwal Anda sendiri untuk menyelesaikan persyaratan kursus.

Siswa daring sering mendapati bahwa keluarga, teman, dan / atau pacar perempuan mereka terlibat dalam kursus ini. Seringkali, seorang siswa akan belajar dengan seseorang yang hadir khusus. Anak-anak mungkin tertarik dengan lingkungan online. Orang tua dapat melihat dari balik bahu seorang siswa daring saat mereka berselancar di web. Singkatnya, semua orang di rumah tangga terlibat dalam pembelajaran. Memiliki dukungan keluarga dan teman-teman membuat Anda lebih mungkin untuk berhasil.

Banyak dari kita tidak benar-benar meluangkan waktu untuk mengenal sesama siswa, terutama di kelas-kelas besar. Kita mungkin terlalu sibuk atau kita hanya pemalu. Kursus online memberikan kesempatan untuk mengenal siswa lain melalui papan buletin, ruang obrolan dan mils. Saya memiliki siswa membentuk kelompok belajar online, bertemu di perpustakaan setempat atau kedai kopi. Bahkan jika Anda hanya berkomunikasi online, itu memberi Anda jenis interaksi dengan siswa lain dan orang lain yang tidak praktis di ruang kelas di kampus yang terbatas waktu.

Ketika Anda menyelesaikan kuliah/kursus ini, Anda akan dapat memasukkan email dan menjelajah web sebagai keterampilan teknis pada resume Anda. Itu memberi Anda keuntungan yang pasti atas seseorang yang tidak memiliki keterampilan ini. Mempelajari cara mendapatkan informasi melalui Internet membuka dunia berbagai kemungkinan untuk kehidupan pribadi dan profesional Anda. Anda dapat menemukan pekerjaan online, mendapatkan aplikasi kuliah online, membuat rencana perjalanan online, mendapatkan biaya dealer untuk mobil online, toko perbandingan online, mengakses karya seni dan sastra online yang hebat, bertemu orang-orang dari seluruh dunia secara online, mengikuti olahraga dan film online, dan seterusnya. Kemungkinannya praktis tidak terbatas.

KERUGIAN

Percaya atau tidak, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu mempelajari dan menyelesaikan tugas di lingkungan online daripada di kursus di kampus. Bagaimana itu bisa terjadi? Lingkungan online berbasis teks. Untuk berkomunikasi dengan instruktur dan siswa lain, Anda harus mengetik pesan, memposting respons, dan berkomunikasi menggunakan jari Anda (mis., Melalui pengetikan).

Seperti yang bisa Anda tebak, mengetik lebih lambat daripada berbicara. (Cobalah membaca setiap kata saat Anda mengetiknya dan bandingkan perbedaannya jika Anda telah mengucapkan hal yang sama.) Dalam arti yang sama, membaca materi kuliah Anda bisa memakan waktu lebih lama daripada mendengarkan instruktur menyampaikannya, walaupun kuliah yang diucapkan memiliki kelemahan yang berbeda. .

Jika Anda duduk di ruang kelas, kemungkinan Anda akan kehilangan persentase yang baik dari apa yang dikatakan instruktur, tidak peduli seberapa fokus Anda. Sudah menjadi sifat manusia untuk melakukan zona waktu singkat. Ketika Anda membaca, Anda akan memiliki kecenderungan untuk kembali ke catatan jika Anda melewatkan sesuatu dan itu membutuhkan lebih banyak waktu. Intinya adalah bahwa Anda kemungkinan akan belajar lebih banyak dalam lingkungan online, tetapi Anda harus melakukan upaya yang lebih besar untuk mencapai pembelajaran itu.

Kursus berbasis internet menuntut Anda untuk mengembangkan keterampilan manajemen waktu pribadi. Seperti kebanyakan hal, jika Anda tidak mengatur waktu dengan baik, Anda akan menemukan diri Anda terkubur di bawah tumpukan perkuliahan yang tampaknya tidak dapat diatasi. Kursus online membutuhkan disiplin diri untuk menyisihkan waktu untuk menyelesaikan studi Anda. Ini berarti Anda harus menjadikan pembelajaran online sebagai prioritas dan tidak membiarkan aktivitas lain mengganggu. Terkadang, itu berarti membuat pilihan yang sulit.

BERHADIAH :

Tentang Penulis: Arman Maulana

Gambar Gravatar
Hai..saya penulis blog di blog sendiri Nyusun Bab45 Skripsi (Telegram/SMS{: 085741799056)

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 comment