oleh

Review RB Mikrotik Metal G-52shpacn Untuk Hotspot Wifi

By Ini Diselenggarakan Oleh : -229 views

Internet adalah sesuatu yang menjadi kebutuhan di era digital ini. Internet berperan penting dalam kehidupan, apalagi sekarang jamannya serba online.

Mulai dari belanja, bayar tagihan, bahkan ujian sekolah pun sudah dilaksanakan secara online.

Hal ini membuktikan bahwa internet mempunyai peran penting dalam membantu perekonomian dan bisa meringankan pekerjaan suatu perusahaan atau perorangan.

Namun kali ini saya tidak akan membahas jauh-jauh soal internet, karena saya mau memberikan review tentang produk alat jaringan internet.

Beberapa bulan yang lalu saya membeli produk routerboard Mikrotik dengan tipe MetalG-52shpacn untuk memancarkan sinyal wifi jarak jauh.

Produk Mikrotik MetalG-52shpacn ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

Product CodeRBMetalG-52SHPacn
ArchitectureMIPS-BE
CPUQCA9556 720MHz
Current MonitorNo
Main Storage/NAND16MB
RAM64MB
SFP Ports0
LAN Ports1
GigabitYes
Switch ChipNo
MiniPCI0
Integrated WirelessYes
Wireless Standarts802.11 a/b/g/n/ac
Wireless Tx Power30dBm
Integrated AntennaNo
MiniPCIe0
SIM Card SlotsNo
USBNo
Memory CardsNo
Power JackNo
802.3af SupportNo
POE Input9-30V
POE OutputNo
Serial PortNo
Voltage MonitorYes
Temperature SensorYes
Dimentions177x44x44mm
Operating SystemRouterOS
Temperature Range-30C .. +70C
RouterOS LicenseLevel4

Alat jaringan ini mempunyai fitur dual band, yaitu bisa digunakan untuk frekuensi 2.5Ghz dan 5.8Ghz namun tidak bisa difungsikan secara bersamaan, jadi kita harus memilih antara 2 atau 5 point.

Langsung saja ke reviewnya ya.

Setelah menggunakan alat ini, Mikrotik MetalG-52shpacn mempunyai pancaran sinyal wifi yang kuat apabila digabungkan dengan antena Grid merek Hyperlink.

Dari arah belakang, samping antena pun wifi yang terscan di handphone bisa sangat lumayan dan bisa terkoneksi sempurna tanpa putus-putus, pada jarak tertentu.

Saya belum melakukan review secara spesifik, jadi belum bisa memberikan jawaban berapa jarak maksimal sinyal wifi yang dikeluarkan dari Mikrotik MetalG-52shpacn ini jika di scan menggunakan smartphone.

Mikrotik MetalG-52shpacn sangat bagus untuk diimplementasikan pada daerah yang banyak pepohonan, karena jika digabung dengan antena Grid, bisa menembus lebatnya pepohonan pedesaan tanpa ada gangguan yang bisa mempengaruhi kualitas kecepatan internet.

Jadi kesimpulannya, Mikrotik MetalG-52shpacn sangat bagus untuk area yang penuh dengan halangan (pepohonan). Kualitas sinyal yang dipancarkan juga bagus, bahkan sangat bagus untuk dikoneksikan menggunakan smartphone.

Alat ini sangat cocok untuk membuat hotspot wifi yang mayoritas penggunanya menggunakan smartphone.

Hanya saja harganya tergolong mahal, yaitu kisaran mulai Rp 1.6 juta rupiah.

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 comment