oleh

Tips Mengurangi Rasa Haus Saat Puasa

By Ini Diselenggarakan Oleh : -12 views

Sesuai dengan tuntunannya, orang yang melakukan ibadah puasa, berarti mereka tidak memasukkan bahan makanan atau minuman ke dalam mulut sejak waktu subuh sampai maghrib. Selama waktu kurang lebih dua belas jam tersebut, terkadang ada yang  merasa haus di kerongkongan saat siang hari.

Sebagian orang lebih sulit untuk menahan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar saat berpuasa. Meskipun pada waktu sahur sebelumnya sudah minum banyak air, namun rasa haus tetap membayangi sepanjang hari.

Berdasarkan penelitian ahli gizi dan kesehatan, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang tidak tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi, faktor makanan yang dikonsumsi saat makan sahur juga turut mempengaruhi rasa haus saat berpuasa. Kenyataan membuktikan bahwa rasa haus (baik saat puasa ataupun hari-hari biasa) bukan karena seseorang tidak minum air. Ternyata rasa haus  disebabkan oleh minyak yang melekat pada dinding kerongkongan yang berasal dari makanan saat sahur.

Untuk menghindarinya,  maka pada saat sahur, sebagai penutupnya harus minum segelas air putih hangat. Apapun menu makanan dan minuman saat sahur, akhirilah aktifitas sahur dengan minum segelas air hangat. Sudah banyak disebutkan bahwa air hangat dapat menggelontor zat minyak yang menempel pada dinding kerongkongan. Sisa-sisa minyak itulah yang dapat memicu rasa haus saat berpuasa walaupun sudah bergelas-gelas minum di waktu sahur.

Yang perlu diingat lagi,  setelah minum air hangat tidak dibenarkan melakukan aktivitas makan lagi, karena fungsi minum air hangat diatas adalah untuk membersihkan kerongkongan dari minyak makanan. Apabila tips diatas dapat dilakukan oleh setiap orang, niscaya selama seharian penuh menjalankan ibadah puasa, kerongkongan akan terasa lega dan tidak terasa haus sama sekali, sehingga aktivitas harian berjalan lancar tanpa gangguan berarti.

Bisa juga dilihat di : https://kinosuki.blogspot.com/2019/05/tips-mengurangi-rasa-haus-saat-puasa.html

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 comment