oleh

Yuk Cobain Makan Siang Pakai Sambal Kecombrang

By Ini Diselenggarakan Oleh : -29 views

Halo hai. Ternyata udah hampir jam sepuluh pagi ya. Artinya dua jam lagi kita bakalan makan siang. Makan siang itu aktifitas yang paling ditunggu-tunggu ya kan? Ya dong.

Yups, Makan siang emang menjadi aktifitas yang nggak boleh dilewatkan begitu ajah. Apalagi kalau paginya kita bekerja keras, kerja lembur bagai quda, makan siang menjadi hal yang diidam-idamkan.

Nah, untuk makan siang kali ini saya mau cerita tentang sambal kecombrang. Sambal kecombrang menjadi salah satu sambal favorit saya. Kamu udah pernah makan sambal kecombrang? Kalau belum kamu wajib baca ini. Hihi

Buat kamu penggemar sambal, pasti nggak asing lagi dong mendengar sambal kecombrang? Sensasi kecombrang yang nggak bisa dilukiskan dengan kata-kata *ciat-ciat* ditambah pedasnya cabai rawit merah. Membuat makan siang menjadi spesial.

Sebelum bikin sambal kecombrang, kita masak dulu sayur pendamping yang paing cocok untuk disajikan dengan sambal kecombrang. Yups, sayur worcambrang. Kok namanya aneh ya? Hem, ini saya yang kasih nama. Bukan aneh, tapi unik, gengs. Haha. Biar teman-teman kalau ingat saya ingat juga sayur worcambrang. 😆

Bahan yang diperlukan untuk masak sayur worcambrang yaitu

-Wortel 1 buah

-Kecambah 1 bungkus (biasanya belinya seharga Rp 2000 ke tukang sayur yang ada di pasar)

-Kecombrang secukupnya

-Tomat 1 buah (dipotong sesuai selera. Kalau saya iris tipis memanjang. Kaya stik gitu)

-Cabai keriting 3 buah (diiris)

-Bawang merah 3 siung (diiris)

-Garam secukupnya

-Gula merah secukuphya

-Air secukupnya

-Minyak secukupnya

Setelah semua bahan sudah dicuci dan diiris. Tinggal kita eksekusi.

Pertama panaskan minyak secukupnya dalam wajan. Masukan irisan bawang merah dan tomat dan cabai. Tunggu sampai harum. Lalu masukan kecambah dan wortel. Masukan garam dan gula merah. Kasih air secukupnya.

Masak sampai matang. Lalu masukan kecombrang. Koreksi rasa. Kalau sudah pas. Angkat dan sajikan di atas piring bersama nasi hangat.

(Kenapa wortel dan kecambah lebih dulu, karena mereka matangnya lama. Jadi didahulukan gitu).

Setelah laku sudah selesai dibuat. Tinggal membuat sambal kecombrangnya. Nah, untuk sambal kecombrang saya selalu membuatnya di rumah kalau saya lagi pingin makan nih. Oiyah saya dapat kecombrang karena dikasih sama Bu Lik saya yang punya pohonnya. Pertama ambil kecombrang, kamu bisa membelinya di pasar tradisional. Kalau saya biasanya begitu, karena saya pernah mencarinya di supermarket waktu kuliah dan saya tidak menemukannya. Huhu sedih 😂😭

Yuk mari kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal kecombrang.

-kecombrang (kamu bisa sesuaikan mau ukuran sedang, kecil maupun besar. Tapi untuk kali ini saya dapat kecombrang ya kecil. Tapi bisa buat dua orang sambalnya)
-cabai rawit merah 5 buah (kamu bisa menggunakannya lebih pokoknya sesuai seleramu. Kalau kamu suka pedas kamu bisa pakai 7-10 cabai. Hihi)
-garam secukupnya.
-bawang putih 2 siung
-minyak secukupnya.

Yuk kita simak cara membuat sambal kecombrang ala Hanat.

Pertama, cuci bersih kecombrang, cabai dan bawang putih.

Siapkan peralatan untuk mengulek.

Ulek cabai, bawang putih dan garam secukupnya.

Ulek kasar. Masukan irisan irisan kecombrang, ulek sampai halus.

Panaskan minyak di wajan atau teflon. Kalau sudah benar panas. Masukan minyak tersebut ke ulekan yang sudah jadi. Ulek tipis-tipis sampai minyak dan sambal rata. Koreksi rasa yaaa.

Sambal kecombrang sudah siap disajikan dengan nasi hangat dan sayur kecambah😬

Selamat mencoba di rumah!

BERHADIAH :

Tentang Penulis: hanahfutuh

Gambar Gravatar
Halo, saya adalah seorang blogger. Saya biasa menulis resep masakan, mengulas buku, produk maupun jasa. Saya suka memasak, traveling dan baca buku. Kamu bisa mengunjungi blogku di

Komentar

Tinggalkan Balasan