oleh

3 Cara Ampuh Menghemat Paket Data Supaya Tidak Jebol

3 Cara Ampuh Menghemat Paket Data Supaya Tidak JebolBerselancar di internet merupakan salah satu aktivitas paling mengasyikan untuk mengisi waktu luang. Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan dengannya, mulai dari chatting online, membaca berita, sampai menonton film.

Namun, sadar atau tidak, aktivitas ini juga seringkali membuat kuota internet jebol. Terlebih bila kamu melakukannya hingga lupa waktu. Bisa-bisa jatah kuota internet satu bulan ludes hanya dalam waktu seminggu.

Untuk mengatasi masalah ini, ada berbagai cara hemat paket data yang bisa kamu lakukan. Baik itu dengan menggunakan browser ramah kuota, mengatur settingan pada smartphone, maupun menggunakan aplikasi bantuan.

Nah, dalam artikel kali ini, penulis akan membahas berbagai cara tersebut supaya kamu bisa tetap berselancar di internet tanpa khawatir dengan isi dompetmu. Yuk simak semuanya.



1. Gunakan browser yang ramah kuota

Sebagai cara yang pertama, kamu bisa mengganti browser atau peramban bawaan pada android dengan jenis browser hemat data yang tentunya lebih ramah kuota.

Salah satu contoh browser yang dimaksud yaitu Opera mini. Peramban ini telah dikenal luas dan dipercaya dapat menghemat data dengan mengompres lama website yang kamu kunjungi.

Selain itu, fitur data saving video boost yang dimilikinya juga mampu mengurangi penggunaan kuota internet saat kamu menonton video.

Namun bila kamu lebih tertarik dengan google chrome, kamu bisa melakukan penyetelan bandwith untuk berhemat.

Caranya, kamu tinggal menyentuh simbol tiga titik vertikal di bagian kanan atas chrome, kemudian ketuk settings, lalu bandwidth, dan ketuk data saver untuk menyetel penggunaan bandwith agar hemat kuota.

BACA JUGA : 4 Tips Agar HP Tidak Lemot Sehingga Nyaman Digunakan

2. Atur setelan ponsel

Bagi pengguna ponsel android, kamu bisa membatasi penggunaan internet dengan menggunakan mode hemat data. Perlu diketahui sebelumnya bahwa berbagai aplikasi di android akan tetap menggunakan data meskipun ponsel kamu sedang tidak digunakan.

Data jenis ini biasa disebut sebagai background data. Bila kamu memasang banyak aplikasi pada ponsel, tentunya penggunaan background data juga akan semakin banyak.

Nah, dengan menggunakan mode ini, background data hanya akan aktif melalui koneksi Wi-Fi, sehingga kuota kamu tidak akan terpakai karenanya.

Untuk mengaktifkan mode ini, awalnya kamu bisa memilih menu setting pada ponsel. Setelah itu, ketuk jaringan internet, kemudian pilih sub-bagian penghemat data.

Disana, kamu tinggal memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode tersebut. Perlu diingat bahwa penghemat data hanya bisa diterapkan pada android versi 5.0 atau lebih tinggi.

3. Menggunakan aplikasi bantuan

Cara hemat paket data berikutnya yaitu dengan menggunakan berbagai aplikasi yang dipercaya dapat menghemat penggunaan kuota.

Ada berbagai aplikasi atau apk hemat data yang ditawarkan via google play store. Beberapa yang terkenal diantaranya yaitu Data Usage Monitor, My Data Manager, dan Internet Speed Meter.

Prinsip kerja penghemat data ini adalah dengan mengatur besaran serta akses data pada aplikasi- aplikasi lain yang terpasang.

Selain itu, aplikasi penghemat data juga dapat memberi peringatan bila ada penggunaan data yang tidak wajar pada satu atau lebih apk.

Selain tiga cara utama diatas, ada berbagai cara lain yang bisa kamu lakukan dalam menghemat kuota. Misalnya dengan menyetel ponsel untuk mengatur limitasi data aplikasi, menonaktifkan fitur auto-update, serta menonaktifkan atau bahkan melakukan uninstall pada aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

Lewat berbagai cara hemat paket data diatas, kini kamu bisa berselancar di internet tanpa takut kebobolan kuota. Semoga menginspirasi dan selamat mencoba.

MENANGKAN HADIAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *