oleh

4 Efek Negatif Kurang Tidur pada Wajah Anda

4 Efek Negatif Kurang Tidur pada Wajah Anda
4 Efek Negatif Kurang Tidur pada Wajah Anda

Hai sobat serbakuis dimanapun anda berada, untuk Anda yang di usia produktif, kurangnya tidur mungkin menjadi salah satu hal yang sering dialami. Meskipun efek negatif dari kurangnya tidur bagi wajah sudah banyak diketahui, namun nyatanya sampai saat ini masih banyak orang yang mengabaikannya. Nyatanya efek kurang tidur dapat dirasakan dari berbagai area tubuh, termasuk wajah.

Kurang Tidur dan Efeknya pada Wajah

Tanpa disadari lho sobat, stres dan beban pekerjaan sering menyebabkan jadwal tidur banyak orang menjadi terganggu. Maka dari itu tak heran jika seiring berjalannya waktu, waktu tidur orang-orang juga semakin sedikit. Para ahli merekomendasikan waktu tidur yang baik adalah sekitar 7 sampai 9 jam setiap hari. Namun, tidak semua orang dapat menerapkannya terutama karena jadwal yang padat.

Baca Juga : Manfaat Jus Jambu Biji Untuk Kesehatan

Kurangnya tidur sebenarnya dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh, termasuk pada kesehatan kulit wajah. Banyak sekali orang yang mengalami hal ini dan memilih untuk mengaplikasikan produk perawatan pada wajah. Padahal, apabila penggunaan produk perawatan kulit wajah tidak diimbangi dengan tidur yang cukup, hasilnya akan tidak maksimal.

4 Efek Negatif Kurang Tidur pada Wajah Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurang tidur memang dapat menimbulkan efek negatif pada kulit wajah. Efek ini dapat dirasakan secara langsung maupun dalam jangka panjang. Beberapa efek negatif kurang tidur pada wajah Anda meliputi:

1. Wajah akan nampak lebih tua

Efek negatif dari kurang tidur pada wajah Anda yang pertama adalah wajah Anda akan terlihat jauh lebih tua. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan terlihat hingga 10 tahun lebih tua dari usia aslinya.

Hal ini terjadi karena apabila seseorang kurang tidur, maka pembentukkan kolagen pada wajahnya tidak bisa berjalan dengan normal dan lama kelamaan dapat membuat wajah menjadi kendur serta menimbulkan kerutan.

2. Kulit wajah menjadi kusam

Selain membuat wajah Anda semakin terlihat tua, kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Hal ini terjadi karena kurangnya tidur dapat mengganggu produksi asam hialuronik pada wajah. Fungsi dari asam hialuronik adalah untuk mempertahankan kecerahan alami wajah. Ketika produksi asam hialuronik terganggu akibat kurangnya tidur, maka kulit wajah pun akan semakin terlihat kusam.

Lihat juga: 10 Sabun Pemutih Wajah Terbaik

3. Menimbulkan kantung mata

Efek selanjutnya yang diakibatkan dari kurang tidur adalah munculnya kantung mata, atau yang sering dikenal dengan sebutan “mata panda”. Sebenarnya, setiap orang memiliki pembuluh darah tipis yang terletak di bawah mata.

Pembuluh darah tipis ini normalnya tidak terlihat, namun jika seseorang kurang tidur atau insomnia, pembuluh darah di bawah mata akan melebar dan menghitam.

Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat mata seakan-akan terlihat membengkak. Hal ini disebabkan karena adanya penyimpanan cairan berlebihan pada jaringan lunak di sekitar mata.

4. Muncul jerawat

Tanpa disadari, kurangnya tidur dapat meningkatkan stres dan risiko depresi. Ketika sedang stres, maka produksi hormon kortisol di dalam tubuh akan terus meningkat. Apabila kadar hormon kortisol di dalam tubuh terlalu tinggi, maka hal ini akan menyebabkan tubuh rentan terkena peradangan termasuk pada area wajah.

Tak hanya itu, kadar hormon kortisol yang tinggi juga dapat meningkatkan produksi minyak berlebih sehingga dapat memperburuk kondisi jerawat pada wajah.

Penutup

Demikianlah tadi telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai efek kurang tidur pada kulit wajah. Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa hal sepele yang sering tidak diperhatikan seperti kurang tidur dapat menimbulkan banyak efek negatif pada wajah. Oleh sebab itu untuk menjaga kesehatan wajah Anda secara alami, ada baiknya untuk mengelola pola tidur yang sehat.

MENANGKAN HADIAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.