oleh

8 Tradisi Tahun Baru Unik di Berbagai Penjuru Dunia

By Ini Diselenggarakan Oleh : -115 views

Tahun baru selalu menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Biasanya, hari spesial tersebut dirayakan dengan sangat meriah. Kembang api, makanan, terompet, topi, hingga ucapan tahun baru menghiasi hari spesial tersebut.

Kita seringkali melewati dan merayakan tahun baru bersama dengan keluarga dan kerabat. Dalam acara tersebut, kita juga sering untuk melakukan berbagai macam tradisi yang ada.

Di Indonesia, semua tradisi yang dilakukan adalah hal-hal yang disebutkan tadi. Mulai dari bermain kembang api, sampai dengan meniupkan terompet.

Tapi itu di Indonesia, di tempat lain, terdapat juga beragam tradisi tahun baru lainnya. Tradisi tersebut sangatlah unik, tapi mengasyikkan.

Berikut ini adalah tradisi tahun baru di berbagai negara di penjuru dunia.

1. SPANYOL

Di Spanyol, tahun baru biasanya diisi dengan tradisi memakan 12 buah anggur. Setiap buah anggurnya dimakan setiap dentang jam saat jam menunjukkan jam 12 malam. Setiap buah yang dimakan menandakan keberuntungan untuk setiap bulannya di tahun yang akan datang.

Di kota besar seperti Madrid dan Barcelona misalnya, banyak orang akan berkumpul di tengah kota dan memakan anggur bersama sambil berbagi minuman wine khas Spanyol, cava.

2. YUNANI

Sebuah bawang bombay biasanya digantung di depan pintu masuk rumah saat tahun baru di Yunani. Hal ini merupakan simbol dari kelahiran kembali tahun baru. Di hari tahun baru, para orang tua juga biasanya membangunkan anak mereka di kepala dengan bawang tersebut.

3. BRAZIL

Brazil, dan juga beberapa negara Amerika Tengah dan Selatan lain (Venezuela, Bolivia, dan Ekuador), mempercayai bahwa menggunakan pakaian dalam spesial saat tahun baru akan membawa keuntungan.

Salah satu warna yang populer untuk itu adalah merah (yang diyakini bisa membawa cinta di tahun
baru) dan juga kuning (yang diyakini membawa uang).

4. FILIPINA

Di negara tetangga Filipina, kita akan menemukan banyak bentuk bulat atau lingkaran saat tahun baru. Bentuk ini merupakan representasi dari koin yang menyimbolkan kesejahteraan di tahun yang akan datang.

Banyak keluarga memamerkan beragam buah di meja makan dan banyak yang memakan 12 buah (biasanya memakan anggur) tepat di tengah malam. Mereka juga memakai pakaian berpola polkadot untuk keberuntungan.

5. FINLANDIA

Di Finlandia, penduduknya merayakan tahun yang akan datang dengan menuangkan lelehan timah ke dalam wadah berisi air, kemudian menginterpretasikan bentuk dari logam yang mengeras tersebut.

Bentuk hati melambangkan perkawinan, bentuk kapal melambangkan perjalanan, dan bentuk babi melambangkan banyak makanan.

6. DENMARK

Meski sama-sama merupakan negara Balkan, Denmark memiliki tradisi tahun baru yang berbeda dengan Finlandia. Penduduk Denmark biasanya akan menyapa tahun baru dengan melemparkan piring dan gelas ke pintu untuk mengusir roh jahat. Mereka juga berdiri di atas kursi dan lompat bersama di tengah malam untuk “melompat” ke bulan Januari dengan harapan keberuntungan.

7. SKOTLANDIA

Warga Skotlandia merayakan tahun baru dengan membuat upacara api unggun di mana banyak orang berkumpul. Mereka berparade sambil mengayunkan bola api di tiang, untuk melambangkan matahari, yang bisa mensucikan tahun yang akan datang.

8. PANAMA

Untuk mengusir banyak roh jahat dan memulai tahun yang baru, ada tradisi untuk membakar patung-patung (munecos) dari orang yang dikenal atau publik figur. Mereka biasanya merupakan patung dari orang terkenal seperti karakter televisi atau figur politik di Panama. Patung-patun ini merupakan representasi dari tahun lama atau tahun tua.

Itulah delapan negara dengan tradisi yang unik dalam memeriahkan tahun baru. Bagaimana dengan daerah anda? apakah hanya kembang api saja?

Terima kasih sudah membaca artikel dari Serbakuis.com, semoga menambah wawasan anda.

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

6 comments