oleh

Apakah Macbook Pro 2012 Masih Cocok Untuk Dibeli Di tahun 2020?

Publisher -550 views

Berbicara mengenai MacBook pasti identik dengan performa kinerjanya yang bagus dan canggih, termasuk seri Macbook Pro MD101 yang diproduksi pada tahun 2012. Hal ini didukung oleh tipe prosesor yang digunakan yaitu intel core i5 berkecepatan 2.5 GHz. Belum lagi, kecepatan tersebut dapat dipercepat dengan fitur turbo boost hingga 3.1 GHz. Disandingkan dengan memori penyimpanan RAM4 GB DDR3 PC-12800, media pengolah grafis intel HD Graphics 4000, dan dukungan memori hardisk 500 GB, laptop ini mampu bekerja secara multitasking dan menyimpan beragam file yang Anda butuhkan.

Kini, Macbook md101 yang diproduksi pada tahun 2012 dan saat ini sudah tidak diproduksi lagi, menjadi salah satu tipe Macbook yang sangat diincar oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2020 ini. Harga bekas yang termasuk murah (diantara seri macbook lainnya) adalah salah satu idaman mengapa macbook lawas ini banyak diburu. Harga bekasnya berkisarn derange harga 5 – 8 juta rupiah (dengan spesifikasi bawaannya). Selain itu juga brand “Apple” dengan logo apel kroak menyala menjadi sebuah ikon yang “mahal” dan meningkatkan level sosial pemiiknya.

Untuk memaksimalkan penggunaannya ditahun 2020 jika kita lihat spesifikasinya sangatlah ketinggalan jaman. Diperlukan penambahan / upgrade system macbook agar performanya bisa maksimal. Penambahan yang biasa dilakukan yaitu dengan mengubah 4GB Ram menjadi 16GB Ram serta mengubah penyimpanan hardisk menjadi SSD sebesar 120 / 240 GB dan mengubah DVD room menjadi tempat hardisk sehingga macbook memiliki 2 mode penyimpanan. Setelah upgrade kita akan mendapatkan performa yang lebih baik dan maksimal. Diperlukan biaya 1 hingga 2,5 juta rupiah untuk melakukan upgrade ini.

 

Agar lebih enak, ini dia kelebihan dan Kekurangan Macbook MD101 keluaran tahun 2012 :

 

Sisi Kelebihan :

*Macbook yang merupakan laptop produksi brand Apple merupakan sebuah produk dengan kualitas baik bahkan terbaik diantara laptop sekelasnya.

*Memiliki salah satu produk Apple akan membuat kita merasa bangga dan secara otomatis akan meningkatkan tingakat sosial kita, karena nilai yang baik yang telah dibangun oleh brand Apple.

*Performa yang baik akan kita dapatkan dari macbook md101. Meskipun ini adalah laptop lawas, karena di produksi 8 tahun lalu tapi untuk produktifitas masih sangat bisa diandalkan. Terutama jika kita meng-upgrade disisi ram dan menambah SSD.

*Ekosistem Apple adalah hal yang harus kita ingat. Kemudahan transfer file / data serta konektivitas antar satu device dengan device lain produksi Apple akan sangat memudahkan produktifitas kita dalam bekerja atau dalam melakukan suatu hal.

*Kemampuan bterai yang baik membuat macbook sangat nyaman untuk dibawa kemana mana. Dengan kondisi  baterai yang baik, macbook dapat bertahan diluar/tanpa terhubung dengan charger hingga 5 – 7 jam atau bisa saya katakana diatas 4 jam karena semua tergantung kondisi baterai kita.

*Kita juga tetap bisa menggunakan OS Windows di laptop Macbook. Hal ini bisa dilakukan dengan dual OS menggunakan aplikasi pihak ke 3 atau menginstall pada system.

* Keyboard, Trackpad dan Speaker lebih baik dari Laptop Biasa. Keyboard yang digunakan pada macbook sudah menggunakan konsep butterfly. Hal ini membuat kerboard lebih nyaman dan responsif. Selain itu, trackpad pada macbook sangat besar dan responsive layaknya layar smartphone. Mendukung multitouch untuk mengoprasikan laptop dengan gesture. Dari sisi multimedia, mac memiliki speaker stereo yang sangat jernih dan cemerlang. Suaranya diatas rata-rata laptop biasa.

Sisi Kelemahan :

*Aplikasi yang tersedia tidak sebanyak windows. Bahkan beberapa aplikasi haruys berbayar / berlangganan tiap bulan.

*Spesifikasi yang berbeda dengan laptop windows membuat macbook tidak cocok untuk bermain game.

*Untuk laptop dengan spesifikasi yang sama, macbook sangatlah mahal.

*Service Centre tidak banyak, membuat banyak service macbook yang kurang baik.

 

Maka dari itu, membeli Macbook Pro MD101 produksi 2012 sangatlah saya rekomendasikan dengan catatan harus diupgrade dahulu dibagiuan ram dan menambah SSD. Dengan total biaya dibawah 10 juta rupiah, kiita sudah bisa membeli dang meng-upgrade macbook ini sehingga performa meningkat dan kita mendapatkan kebanggaan yang berbeda dengan membeli laptop windows pada umumnya, meskipun macbook yang kita beli termasuk laptop lawas dan bekas.

Tentang Penulis: Yosua Dipta

Gambar Gravatar
Saya seorang mahasiwa semester akhir. Saya sangat suka dengan fotografi dan desain visual.

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar