oleh

Bahayakah Opsi Herd Immunity Bila Diterapkan di Masyarakat ?

By Ini Diselenggarakan Oleh : -33 views

Herd immunity merupakan kondisi dimana sebagian kelompok manusia yang kebal terhadap suatu penyakit dimana masyarakat tersebut pernah tertular atau terjangkit penyakit. Sekarang Istilah ini (Herd Immunity) tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga publik setelah pandemi virus corona mewabah drastis di negara kita.

Meskipun dianggap dapat menghambat penyebaran virus mematikan tersebut, akan tetapi strategi ini dapat menambah korban lebih banyak lagi. Dan untuk mencapai herd immunity, setidaknya diperlukan 70 persen dari populasi harus terinfeksi terlebih dahulu. Bila dikira-kirakan penduduk Indonesia berjumlah 270 juta jiwa, maka sedikitnya 189 juta harus terinfeksi untuk mendapatkan herd immunity. Kemudian, dari angka tersebut diperkirakan orang yang meninggal akibat virus tersebut bisa mencapai satu juta orang.

Dengan strategi ini maka timbulah spekulasi di tengah-tengah masyarakat meski resiko penerapannya sangat tinggi, tetapi sebagian masyarakat bahwa strategi ini akan digunakan oleh pemerintah Indonesia dalam menghadapi pendemi corona. Hal ini viral di media sosial seperti twitter yang memposting dan ditujukan kepada akun @jokowi, “Hampir 2 bulan pak, saya terpaksa tutup warung tidak ada penghasilan, kalau memang ujung-ujungnya herd immunity, maka kampus-kampus disuruh masuk aja pak, Mall-mall dibuka lagi, agar ekonomi bisa muter lagi, toh kebanyakan orang Indonesia percaya bahwa hidup mati ditangah Tuhan”

Namun, menurut Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengemukakan bahwa korban akan bertumbangan apabila pemerintah mengunakan opsi Herd Immunitiy untuk menghadapi Covid19, beliau mencontohkan penerapan Herd Immunity yang dilakukan negara Swedia, bahwa di negara Swedia angka kematian justru menambah lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan negara tetangga.

Kenapa angka kematian sangat dahsyat tersebut, karena negara Swedia menerapkan Herd Immunity tanpa adanya lockdown, Bila pemerintah Indonesia tetap menerapkan opsi Herd Immunity sangat beresiko sebab korban akan semakin bertambah banyak.

Demikianlah resiko opsi Herd Immunity, dampaknya mengerikan bila diterapkan. Akan tetapi secara masif masyarakat sekarang sudah pada keluar untuk membeli pakaian lebaran, kita akan melihat di kota-kota besar masyarakatnya sudah mulai berani unjuk gigi tanpa maskeran, jaga jarak.

 

 

BERHADIAH :

Tentang Penulis: Arman Maulana

Gambar Gravatar
Hai..saya penulis blog di blog sendiri Nyusun Bab45 Skripsi (Telegram/SMS{: 085741799056)

Komentar

Tinggalkan Balasan