oleh

Begini Nih, Tips Menterjemahkan Makna Lagu

By Ini Diselenggarakan Oleh : -221 views

Seperti kita ketahui, musik adalah bahasa universal yang merupakan hasil kreasi dari haromonisasi perminan alat-alat musik itu sendiri.

Suara musik dapat diterjemahkan oleh si pendengar. Telinga kita dirancang sedemikian rupa sehingga mampu membedakan mana suara / musik yang bernuansa murung atau sedih dan mana musik yang bernuansa riang gembira.

Posting pertama saya di website Serba Kuis ini ingin berbagi tips bagaimana menerjemahkan makna lirik lagu yang terdapat di dalam musik, terutama lagi lirik lagu barat.

Sebenarnya saya sendiri bukan pakar musik, menulis ini saja hanya bertolak dari kebiasaan saya menikmati musik dari kecil, sehingga ada sesuatu yang dapat saya ambil dari hikmahnya.

Tips Menterjemahkan / Menafsirkan Makna Lagu

Konteks Masalah Dan Situasi

Menterjemahkan yang saya maksud bukan mengartikan lirik lagu sebagaimana adanya, tapi lebih dalam lagi yaitu makna yang tersirat di dalamnya. Dari menterjemahkan makna lagu inilah nantinya menghasilkan kemungkinan interpretasi / tafsiran yang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya.

Contoh misal jika kita menafsirkan lagu berbahasa Indonesia Bento yang dibawakan oleh band Swami / Iwan Fals dkk (koreksi jika salah). Seseorang yang salah tangkap tentunya menafsirkan lirik lagu di dalamnya sebagai sebuah kesombongan.–mobilku banyak, harta berlimpah.

Tapi bagi orang yang mau menafsirkan lebih dalam tentu lirik tersebut ditafsirkan lain, dengan membaca situasi dan konteksnya saat lagu itu diciptakan, para pendengar akan memaknai bahwa lirik dalam lagu tersebut merupakan sindiran. Pada wilayah seni mungkin bisa diistilahkan sebagai satire.

Nah yang berbahasa Indonesia saja perlu pendekatan-pendekatan tertentu untuk memaknai lrik dalam dalam sebuah lagu, pun demikian dengan menterjemahkan lagu barat.

Kodeliminal.com

Menterjemahkan Lagu Melalui Pembawaan Atau Penjiwaan

Nah ini juga penting untuk mengetahui makna lagu yang tersirat. Sebagai contoh saya ambilkan dari kasus penafsiran makna lagu Alive karya dari band rock asal Amerika Pearl Jam. Yang belum pernah dengar nama besar Pearl Jam bisa googling.

Beberapa menafsirkan isi lagu tersebut sebagai kisah cinta terlarang antara ibu dan anak (inc3st). Tapi saya sendiri menolak menafsirkan sedemikian itu. Meski lirik lagunya memang berisi dialog antara ibu dan anak.

Penafsiran saya sendiri berdasarkan pada penyimakan saya atas cara penjiwaan Eddie Vedder dan kawan-kawanya dalam membawakan lagu tersebut. Bagaimana naik turun rendah nada dan kalimat-kalimat emosionalnya, bagaimana dentuman drum dan melodinya. Saya berpikir jika ini lagu tentang inc3st, musiknya terlalu emosional. Saya yakin ini lagu tentang kesedihan yang dipadati dengan motivasi.

Belum lagi fakta / konteks bahwa ada sebuah lagu karya Pearl Jam yang berjudul Jeremy yang konon mengisahkan seorang remaja yang bunuh diri karena kurangnya rasa peduli orang-orang di sekitar, termasuk orang tuanya. Jadi Pearl Jam memang salah satu band yang kritis terhadap keadaan sosial.

Kembali, penafsiran saya akan tema lagu Alive Pearl Jam adalah lagu yang berisi motivasi. Motivasi dari seorang ibu untuk anaknya yang terhanyut dalam sedih sebab ditinggal mati bapakanya sejak kecil.

Untuk tambahan, karya musik sering juga berisi tentang monolog dalam diri. Jadi mereka tidak melulu membicarakan orang lain tapi juga sering menjadikan diri sendiri sebagai bahan karya seni, anda bisa menyimak lagu The man Who Sold The World karya David Bowie yang dibawakan ulang oleh Nirvana, lagu tersebut berisi tentang dialog diri antara aku yang baik dengan aku yang jahat.

Demikian artikel pertama saya di Serba Kuis perihal musik, sedikit banyak semoga ada manfaatnya.

BERHADIAH :

Tentang Penulis: Juan Shopliminal

Gambar Gravatar
Baru membauat blog carandean.biz.id untuk profil bisnis kelas bawah, kalo ada yang minat majang info bisnis bisa kirim artikel tentang bisnis anda ke email di blog carandean

Komentar

Tinggalkan Balasan

4 comments