oleh

CARA AMAN CARI MOBIL BEKAS LEWAT ONLINE

By Ini Diselenggarakan Oleh : -47 views

Perkembangan teknologi seperti akhir-akhir ini, mengakibatkan banyak kegiatan sehari-hari memanfaatkan dunia maya. Termasuk mencari mobil bekas incaran sesuai dengan dana yang ada, banyak yang menggunakan media online.

Meskipun terasa praktis dan mudah, namun juga terdapat resiko yang perlu diwaspadai, karena menimbulkan resah dan dapat menjadikan pengalaman buruk

Agung Iskandar, Direktur Marketing OLX, memiliki cara yang bisa dilakukan calon konsumen agar terhindar dari hal yang tidak menyenangkan, antara lain :

1.Cek Harga

Saat melihat iklan, langkah pertama yang jarus dilakukan adalah cek harganya. Apakah masuk akal apa tidak. Apabila harga terlalu murah atau di bawah pasaran, patut dicurigai.

Soal harga, konsumen wajib sadar dengan harga bekas mobil incaran berapa pada rentang harga tertentu. Ini untuk menghindari pembelian di luar harga wajar yang dilakukan penjual nakal. Dalam istilah lain, jangan tergiur harga murah, karena biasanya penjual melakukannya untuk menarik minat konsumen agar melihat iklan miliknya.

2. Melihat Deskripsi

Melihat keterangan pada unggahan jualan, bila penjual menulis deskripsi kendaraan dengan lengkap, pembeli cukup membaca keterangan tersebut apakah informasi sesuai dengan apa yang diinginkan. Sayangnya ada penjual yang malas menerangkan kondisi kendaraannya, ini yang perlu diperhatikan oleh calon konsumen.

Akan lebih baik untuk minta informasi tambahan pada penjual itu. Termasuk minta beberapa foto mobil dari beberapa sudut pandang. Apabila mobil itu miliknya sendiri pasti penjual bisa mengirim foto tersebut dalam waktu singkat.

3. Uang Muka

Yang perlu diwaspadai lagi, modus minta dana untuk mengikat kendaraan. Modus seperti ini biasanya dilakukan karena penjual melihat calon konsumen dengan minat tinggi sehingga meminta uang muka guna menyimpan mobil tersebut.

Biasanya penjual mengatakan mobil sudah diincar calon pembeli lain, untuk mengamankan mobil kirim uang muka saja. Ini baiknya tidak usah dituruti.

4. Tatap Muka

Meskipun antara penjual dan pembeli sudah komunikasi  melalui online, bertatap muka langsung merupakan hal paling utama sebelum melakukan transaksi. Pembeli dapat melihat dan mengamati secara langsung terhadap kendaraan dengan leluasa.

Begitu pula penjual dapat menerangkan kondisi mobilnya dengan apa adanya. Apabila  penjual menghindar,hal ini dapat dicurigai juga. Alangkah lebih baik, tidak melakukan pembelian apabila tidak  melihat dan memeriksa secara langsung terhadap mobil tersebut.

Apabila keempat cara diatas dapat dilakukan antara penjual dan pembeli, niscaya masing-masing akan merasa puas tanpa ada perasaan yang saling mencurigakan

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 comment