oleh

Cara Mendaftar BBM Bersubsidi Melalui Website Resmi Pertamina

Untuk mendapatkan BBM Bersubsidi tidak semudah mengantri seperti biasanya. Pasalnya, siapa saja yang hendak membeli BBM Bersubsidi haruslah sudah terdaftar di Subsidi Tepat My Pertamina. Cara Daftar Subsidi BBM menjadi panduan yang harus Anda ikuti.

Biosolar dan Pertalite adalah jenis bbm bersubsidi yang ditetapkan oleh pemerintah. Target konsumen yang berhak mendapatkan jenis BBM Bersubsidi tersebut juga tertentu. Jenis BBM yang disubsidi pemerintah dianggarkan dari dana APBN dengan kuota yang terbatas.

Cara Mendaftar BBM Bersubsidi Melalui Website Resmi Pertamina
Cara Mendaftar BBM Bersubsidi Melalui Website Resmi Pertamina

Cara Pendaftaran BBM Bersubsidi Bagi Pengguna Baru

Anda dapat mendaftar BBM Bersubsidi melalui website resmi milik Pertamina. Berikut adalah cara- cara yang dapat Anda ikuti sebagai bagian dari aturan bbm bersubsidi:

1. Persiapkan Dokumen Sebagai Syarat Kelengkapan

Sebelum mendaftar, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting dan dokumen pendukung. Dokumen penting terdiri dari KTP, STNK, NPWP jika diperlukan, dan foto kendaraan tampak samping, roda, nomor polisi. Dokumen pendukung disesuaikan dengan syarat yang diperlukan dalam pendaftaran BBM Bersubsidi. Bagi konsumen atau pengguna yang termasuk non kendaraan, maka harus mempersiapkan surat rekomendasi.

2. Pendaftaran Melalui Website Pertamina

Untuk mendaftar BBM Bersubsidi, Anda buka lama website Pertamina dengan alamat url Subsiditepat.mypertamina.id. Tampilan laman website tersebut akan mengarahkan untuk membuat akun. Ada baiknya Anda mendaftar menggunakan komputer atau laptop agar lebih mudah dan jelas. Sehingga tampilan laman website juga dapat terbaca dengan lebih baik. Pastikan juga koneksi internet Anda berjalan dengan lancar agar tidak terjadi loading saat pendaftaran.

3. Centang pada Bagian Pernyataan

Sebelum Anda mendaftar sebagai Pengguna Baru, pada bagian bawah Login terdapat pernyataan. Isi pernyataan tersebut secara garis besar menyebutkan bahwa Anda adalah konsumen yang berhak untuk mendapatkan BBM Bersubsidi. Bagian checklist yang kosong tersebut Anda klik hingga muncul tanda centang.

4. Klik Daftar Sekarang

Pada laman website Pertamina, terdapat tulisan Belum memiliki akun? dan di sebelahnya terdapat tulisan Daftar Sekarang. Anda tinggal klik bagian tulisan berwarna biru Daftar Sekarang. Kemudian laman website akan mengarah ke pendaftaran akun pengguna baru.

5. Klik Lanjutkan

Anda akan diarahkan pada laman Formulir Pendaftaran. Namun, sebelumnya aka nada peringatan yang menjelaskan bahwa Anda harus sudah menyiapkan dokumen penting dan dokumen pendukung lainnya. Jika semua dokumen sudah siap, maka Anda tinggal klik Lanjutkan.

6. Daftar Provinsi/Kota/Kabupaten Penerima BBM Bersubsidi yang diprioritaskan

Kemudian akan muncul daftar bbm bersubsidi yang berisi nama-nama provinsi, kota/kabupaten ang diprioritaskan menerima BBM Bersubsidi. Anda dapat membaca terlebih dahulu dengan mencari nama provinsi tempat Anda berada atau kota yang hendak menjadi tujuan bepergian Anda. Pastikan kota atau kabupaten yang Anda maksud terdapat di dalam daftar tersebut.

7. Mengisi Formulir Pendaftaran

Selanjutnya, Anda diarahkan pada tampilan lama Formulir Pendaftaran. Di bagian ini Anda diharuskan untuk mengisi Data Diri dan Kontak. Untuk bagian email dan password pastikan Anda mencatatnya terlebih dahulu agar tidak lupa di kemudian hari. Lalu klik bagian tulisan Selanjutnya.

8. Mengisi Data Alamat Lengkap

Setelah mengisi bagian Data Diri dan Kontak, maka Cara Daftar Subsidi BBM selanjutnya adalah mengisi Data Alamat Lengkap. Isilah data dengan cermat dan pastikan sudah tertulis dengan benar, baru Anda lanjutkan ke tahap selanjutnya.

9. Memilih Subsidi

Anda akan diminta memilih jenis BBM Bersubsidi yang ada dipilihan. Untuk pilihannya tergantung sesuai kebutuhan kendaraan Anda. Sebagai contoh Anda memilih pertalite bbm bersubsidi dan setelah itu, klik Simpan.

10. Login Sebagai Pengguna Baru

Untuk memastikan apakah akun yang Anda daftarkan sudah teregistrasi dan aktif, maka cobalah untuk login. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan tadi. Kemudian klik Login. Jika berhasil masuk, maka selamat karena Anda sudah termasuk sebagai konsumen BBM Bersubsidi yang diberikan oleh pemerintah.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak juga mengatur konsumen yang dapat memperoleh Biosolar.

Bersubsidi. Di antaranya untuk transportasi darat, transportasi air, usaha perikanan, usaha pertanian, layanan umum, layanan pemerintah, serta usaha mikro. Semoga Cara Daftar Subsidi BBM dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan BBM Bersubsidi.

MENANGKAN HADIAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.