oleh

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

By Ini Diselenggarakan Oleh : -38 views

Masa libur merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu bukan hanya anak usia sekolah, melainkan termasuk pula orang dewasa/tua yang sudah bekerja. Selama menikmati liburan tersebut, biasanya konsentrasi mereka dialihkan kepada hal-hal ringan di luar tugas sekolah ataupun pekerjaan agar,  dapat merasakan variasi.

Bahkan tidak sedikit yang melampiaskannya dengan makan yang enak tanpa memperhatikan kesehatan tubuhnya, terutama ancaman kolesterol.

Beberapa cara dibawah ini, menjadi langkah untuk menjaga kolesterol seseorang, antara lain :

1.Pilih Minum Air Putih

Apabila  merasa haus saat di rumah maupun sedang rekreasi di luar rumah, usahakan memilih air putih. Usahakan dapat menghindari soft drink atau minuman manis lainnya. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of American Medical Association, orang yang sering mengonsumsi minuman manis memiliki kadar kolesterol baik (HDL ) yang rendah.

2. Makan secara Teratur

Meskipun masih terasa kenyang, namun sebaiknya saat datang jadwal makan, maka perut harus diisi. Namun saat liburan dengan padatnya kegiatan, biasanya akan membuat makan tidak teratur. Ingat bahwa bagi orang yang jadwal makan tidak teratur akan mudah tergoda untuk memilih jenis makanan dengan kadar kalori dan kolesterol tinggi pada waktu makan.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Memang pada waktu liburan tidak dilarang untuk mengonsumsi makanan-makanan yang enak, namun juga harus diusahakan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral tinggi yang sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

4. Olahraga

Meskipun sangat sulit untuk melakukan olahraga saat liburan, tapi olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan tubuh tetap ideal dan menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Tidak perlu lama-lama, hanya dengan berolahraga selama 30 menit saja setiap hari, dapat terhindar dari masalah kolesterol. Beberapa olahraga yang cocok untuk menurunkan kolesterol adalah jalan kaki, berenang, dan bersepeda.

5. Membatasi Konsumsi Makanan Berkolesterol

Makanan yang digoreng, makanan berminyak dan berlemak dapat membuat kadar kolesterolmu meningkat drastis. Karena itu, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut saat liburan. Sebaiknya pilihlah makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, dan ditumis.

Apabila seseorang dapat melakukan beberapa langkah diatas, niscaya akan terbebas atau minimal mengurang kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan saat liburpun, kesehatan badan tetap terjaga.

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan