oleh

Cara Mudah Membuat Seblak di Rumah

By Ini Diselenggarakan Oleh : -49 views

Kenapa saya posting tentang seblak? Seblak merupakan salah satu makanan favorit saya. Selama berada di perantauan saat kuliah, saya selalu menyempatkan seminggu sekali untuk menikmati semangkuk seblak.

 

Dari seblak dengan isi telur, kerupuk dan makaroni sampai seblak komplit. Seblak komplit isinya lebih banyak dan harganya tentu sangat jauh berbeda. Semakin komplit isian seblak, semakin harganya bertambah.

Sudah setahunan saya tinggal di kampung halaman sendiri. Sejak selesai kuliah, saya belum menikmati seblak. Jadi, tahu kan betapa kangennya saya dengan makanan yang satu ini.

Di kampung halaman saya, saya tidak sembarang beli seblak. Karena saya mendengar review beberapa tetangga yang bilang, seblak di sini nggak enak, dan lain sebagainya. Tentu saya berpikir seratus kali dong sebelum membeli ya kan?

Dengan segenap keinginan dan kerinduan makan seblak, saya memilih membuatnya sendiri di rumah. Bukan suatu kebetulan saya dikasih resep seblak dari mas blogger Aji Sukma, beberapa dari temannya seperti saya menagih resepnya untuk dibagi.

Memang pada saat dia posting belum langsung dibagi. Sore hari kalau tidak salah dia membaginya dan memanggil kami di Twitter.

Wah, lengkap banget nih. Paginya saya ekseskusi bahan dan bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat seblak rumahan. Langsung dong paginya saya belanja ke pasar dan warung mencari bahan yang diperlukan. Mari simak bersama ya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat seblak sebenarnya tergantung selera ya. Namanya juga rumahan 😆 tapi kalau kamu bingung mending ikutin bahan yang saya pakai saja ya.

Bahan-bahan seblak rumahan:

-Mie Telor
-Makaroni kerang (bisa pakai makaroni apa saja. Terserah sebelinya kamu saja kak!)
-Telor (Wajib. Yakali mau di-skip yang ada tidak jadi seblak jadinya sayur oseng 😭)
-Jamur (Kalau suka bisa ditambahkan atau diskip)
-Kerupuk kuning kecils

-Ceker (sesuai selera dan dana. UntukUntuk sek, saya belum pakai ceker. Sudah nyari belum dapat juga😂)

-Bakso (Wajib bagi saya, kamu gak suka? Bisa skip😆)
-Sayuran (bisa disesuaikan selera. Saya biasanya pakai sawi)

Bumbu:

-Kencur 4 buah
-Miri 1 buah
-Cabai keriting 5 buah
-Cabai Merah 10 buah
-Garam secukupnya
-Bawang Merah 1 siung
-Bawang Putih 1 siung

Cara memasak:

Mari kita mulai eksekusi bahan dan bumbu. Pertama saya ngulek bumbu yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, Miri dan garam. Banyak tidaknya itu disesuaikan sendiri. Kalau aku ini bikin satu porsi doang, tapi porsi yang cukup mengenyangkan. Hehe

Selanjutnya ulek cabai keriting dan merah. Kasih garam sedikit, supaya nguleknya lancar. Alternatif lain diblender, kalau tidak biasa ngulek. (Ingat ini ya kak, ini pakai cabai ulek karena saya tidak punya persediaan cabai bubuk kering. Pokoknya pakai apa yang kita punya. Okay sip sip!)

Mulai dengan merebus kerupuk kuning kecil, jamur, dan mie telor. Rebusnya masing-masing jangan dicampur. Rebusnya setengah matang boleh. Kalau sudah, tiriskan.

Membuat seblak rumahan ala saya, masukan minyak secukupnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan telor. Orak arik. Tambah cabai yang sudah dihaluskan. Lalu tambahkan air secukupnya. Boleh pakai air kaldu kalau ada.

Masukan bahan yang sudah direbus. Masukan bahan-bahan lain, seperti bakso, sayuran, ceker. Bahan yang sudah kamu sediakan deh. Lalu tambahkan gula secukupnya. Tunggu sampai matang merata.

Seblak rumahan ala Hanat siap disajikan di mangkuk. Selamat mencoba di rumah kak.

 

 

BERHADIAH :

Tentang Penulis: hanahfutuh

Gambar Gravatar
Halo, saya adalah seorang blogger. Saya biasa menulis resep masakan, mengulas buku, produk maupun jasa. Saya suka memasak, traveling dan baca buku. Kamu bisa mengunjungi blogku di

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 comments