oleh

Daftar Alat Yang Di Butuhkan Untuk Mulai Bisnis Voucher Wi-Fi (Hotspot)

Publisher -374 views

Hai sobat serbakuis, wi-fi saat ini menjadi teknologi yang menjadi pilihan untuk urusan koneksi Internet. Kenapa Wi-fi? Karena teknologi mampu bertukar data secara nirkabel (tanpa kabel) dengan memanfaatkan gelombang radio. Jadi untuk melakukan browsing internet tanpa harus menggunakan kabel.

Dalam wi-fi tentunya ada alat yang bisa memancarkan wi-fi, yaitu namanya AP (Access Point), ada yang namanya AP indoor atau AP outdoor yang fungsinya sudah jelas.

Saat ini di pelosok desa sudah bisa mendapatkan akses internet lewat jaringan wireless. Jadi untuk mendapatkan akses internet di pelosok desa, pelanggan harus memasang antena dengan tiang pipa atau bahkan tower triangle.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, saat ini kabel Fiber Optic dari salah satu ISP sudah masuk, namun tidak semua bisa mendapatkan layanan internet, karena memang data coverage area nya belum terdaftar, padahal sudah ada kabel fiber optic nya.

Tidak semua bisa mendapatkan akses internet, karena kendala biaya untuk pemasangan dan biaya untuk tagihan internet bulanannya yang masih tergolong mahal untuk masyarakat kelas menengah kebawah. Nah, ini bisa dijadikan lahan bisnis sob, biar kita mendapatkan keuntungan.

Kita menyediakan akses internet dan pelanggannya adalah yang mau menggunakan wi-fi kita di rumah atau disekitar rumah, nah sebelum bisa mengakses internet dari rumah kita, mereka harus memasukan kode tertentu yang kita buat untuk bisa berselancar di internet langsung dari gadget pribadi.

Bisnis ini tergolong sudah lama, namun ini adalah jaman digital, semua serba internet, apa-apa internet, jadi peluang bisnisnya masih terbuka lebar, karena tidak semua orang bisa berlangganan Internet secara langsung, karena terkendala biaya, dengan voucher wi-fi, orang tersebut akan mendapatkan akses internet murah sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Hal ini berbeda dengan Warnet (warung internet), pelanggan lebih senang kalau bisa mendapatkan akses internet langsung dari gadget yang selalu mereka bawa, dari pada harus menggunakan komputer milik warnet.

Kali ini Serbakuis mau membahas tentang, alat apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Voucher Wi-Fi (Hotspot).  Sebenarnya banyak sekali alat yang dibutuhkan dalam bisnis Voucher Wi-fi, namun kali ini minku hanya share intinya saja ya.

Berikut ini daftar alat yang dibutuhkan : 

1. AKSES INTERNET 

Ini adalah yang paling penting sobat, kalian harus punya akses internet dahulu sebelum memulai bisnis Voucher wi-fi. Sumber akses internet bisa di dapat dari berbagai macam cara. Bisa dari berlangganan RT / RW Net, fiber optic, Modem (Paket kuota), bahkan saat ini ada juga yang menggunakan Satelit parabola untuk mendapatkan akses internet. Silahkan anda cari dulu dan berlangganan.

2. MIKROTIK ROUTERBOARD

Kenapa harus mikrotik?
Ya karena produk Mikrotik sampai saat ini masih menyematkan fitur Hotspot. Fitur tersebut adalah inti dari bisnis Voucher Wi-Fi (hotspot), karena semua yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut sudah tercakup dalam fitur Hotspot Mikrotik. Namun, untuk pemula sepertinya jika semua dikelola lewat mikrotik ini nanti akan kesulitan. Untuk itu didukung dengan adanya software yang saya terangkan di point 3.

3. SOFTWARE MIKHMON (Atau Lainnya)

Contoh login page
Tampilan Software Mikhmon

Software mikhmon ini adalah satu-satunya software hotspot terbaik dalam pembuatan bisnis voucher Wi-Fi. Dalam software ini fokus pada alat Mikrotik sehingga bisa saling singkronasi. Dengan Mikhmon, anda bisa membuat berbagai limitasi. Sebagai contoh, membuat kode voucher, desain login page, print voucher wi-fi, membuat daftar harga per jam, hari atau bulan, dan masih banyak lagi yang bisa di eksplor.

4. ACCESS POINT (AP) 

Access point ini adalah Pemancar wi-finya. Untuk mereknya  sendiri bebas mau gunakan merek apa, yang terpenting adalah, alat ini bisa terkoneksi ke routerboard mikrotik dan bisa memancarkan sinyal wi-fi dengan frekuensi 2.4Ghz, karena hanya di frekuensi inilah yang saat ini disematkan pada kebanyakan gadget-gadget, agar bisa terhubung ke wi-fi.

Kamu Bisa langsung menggunakan router wifi biasa, atau pemancar wifi khusus yang lebih jauh. Semua tergantung pada kebutuhan, jika anda baru pemula sebaiknya mulai dari yang terkecil dulu, agar tahu dan merasakan step by step nya.

5. PRINTER 

Printer ini nanti digunakan untuk mencetak voucher wi-fi, agar kita lebih mudah menjualnya. Jadi kita tidak perlu menuliskan di kertas untuk kode vouchernya, jika ada yang ingin beli, tinggal kasih Voucher wi-fi tersebut. Printer yang digunakan bisa printer biasa, printer barcode dan sebagainya. Printer ini kaitannya nanti sama software mikhmon, semua fiturnya sangat berguna dan saling berkaitan.

Mungkin itu saja alat-alat yang dibutuhkan untuk memulai berbisnis Voucher Wi-Fi Hotspot. Alat diatas hanyalah inti dari bisnis hotspot ini, masih banyak alat pendukung yang nantinya dibutuhkan untuk pengerjaan, seperti Komputer/Laptop, Kabel LAN, Kertas dan yang lainnya.

Jika anda benar-benar minat untuk terjun dalam bisnis hotspot wi-fi ini, pastikan anda cari ilmu yang lebih untuk bisa menjalankannya. Anda bisa belajar lewat youtube atau ke orang yang sudah ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa share ke teman-teman kamu yang pengen berbisnis sejak dini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

3 komentar

  1. Waduh, kurang satu nih kakak Author nih. Yaitu : Analisa keuntungan. Atau paling tidak, perkiraan laba bulanan dan balik modalnya aja deh. Biar ‘lidah’ yang baca meleleh pengen terjun di bisnis ini. He he he