oleh

Es Gabus, Jajanan Kekunoan Hits Lagi!

By Ini Diselenggarakan Oleh : -62 views

Ngomongin jajanan nusantara emang nggak akan ada habisnya. Bener kan? Bener dong.

Kamu anak zaman old, pasti masih ingat sederet jajanan jaman dulu yang ngangenin, enak dan pastinya sudah dilupain.

Ada telor gulung, ada cilor, cilok, basgor, es goyang, es gabus, es lilin, duh masih banyak banget pokoknya. Duh saya jadi terlihat sudah tua ya, ngomongin jajanan kekunoan 😂

Nah ternyata, setelah vitalnya es kepal milo, saat ini yang lagi viral juga ada loh! Yaaa, jajanan kekunoan yang lahir kembali. Apa lagi kalau bukan telur gulung.

Postingan tentang telur gulung di media sosial pun semakin menjamur. Coba deh searching di Instagram pakai hastag telur gulung, bakalan banyak banget. Dari mulai foto-foto telur gulung sampai videonya ada! Kalau kamu pingin makan telur gulung tapi belum ada yang jual di daerahmu, coba deh bikin. Banyak tutorial video cara membuat telur gulung. Saya pun akan mencobanya! Tunggu ya hasil karya saya.

Selain telur gulung, jajanan kekunoan yang saya sangat sukai itu ada cilok. Kalau cilok zaman now, dikemas dengan berbagai kreasi yang unik ya. Ada cilok keju, cilok mercon, cilok sosis, dan cilok-cilok zaman now lainnya. Ngga cuma rasanya ajah, cara penyajiannya juga beragam, gengs. Saya sempat tuh, menemukan cilok yang ada topingnya. Topingnya bisa milih pula. Ada toping keju, sambal, mayones dan lain sebagainya. Pokonya semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula kreasi makanan atau jajanan nusantara. Ada cilok bakar dan cilok goreng. Biasanya cilok kan direbus ya. 😁

Waktu saya sekolah SD cilok paling sering isi ya cuma daging ayam. Udah itu aja. Terus ciloknya dikasih saus sama kecap, nggak kaya sekarang, variatif banget!

Lain cilok, lain juga es jadul. Es jadul yang saya ingat itu es gabus. Kalau di tempat saya biasanya disebutnya es gabes. Tekstur es yang mirip gabus kali ya jadi dinamakan es gabus. 😂

Ternyata, es gabus yang kita sering beli di warung, kantin sekolah, warung desa, itu bisa dibuat di rumah gengs. Bahannya pun simpel banget. Dan membuat es gabus nggak ribet! #antiribetribetclub pokoknya!

Saya pernah dan bahkan hampir sering banget bikin es gabus di rumah. Bahan yang disediakan cukup mudah. Bahan utamanya adalah tepung hunkue. Pernah dengarkan? Ya bahan utama es gabus ada hubkue. Ada beberapa varian warna. Yang sering saya gunakan merah dan hijau. Aslinya warnanya agak pastel tapi juga sedikit bold. Perpaduan pastel dan bold.

Cara membuatnya mudah, selain tepung hunkue, yang dibutuhkan yaitu susu, santan, air dan gula. Simpel kan?

Untuk takaran:

  • Tepung hunkue 150gram
  • Susu cair 65 Ml (Saya pakai susu kemasan kotak yang di supermarket)
  • Santan 65 Ml (santan kemasan, soalnya saya nyari kelapa lagi kosong)
  • Gula secukupnya
  • Air 800 ML

Cara masaknya, campur seluruh bahan es gabus ke dalam panci atau apapun alat yang kamu biasa pakai. Masak dengan api sedang. Aduk-aduk terus sambil lihat teksturnya apa sudah berat mengental dan sudah meletup letup. Angkat masukan ke dalam cetakan.

Kalau saya pakai cetakan jelly agar  praktis. Mengapa? Karena kita ngga perlu lagi motongin agar hunkuenya buat ditaruh di kulkas. Kalau pakai loyang kue ulang tahun lingkaran maupun kotak kan harus di potong dulu. Kalau pakai cetakan jelly yang mirip es krim gitu. Setelah dingin masukan ke freezer bekukan. Untuk sampai beku, simpan di freezer semalaman. O iya, kalau kamu ambil es gabusnya susah kamu bisa taruh di air hangat atau keluarin dari kulkas dan biarkan agar sedikit mencair supaya mudah diambil.

 

BERHADIAH :

Tentang Penulis: hanahfutuh

Gambar Gravatar
Halo, saya adalah seorang blogger. Saya biasa menulis resep masakan, mengulas buku, produk maupun jasa. Saya suka memasak, traveling dan baca buku. Kamu bisa mengunjungi blogku di

Komentar

Tinggalkan Balasan