oleh

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship Affiliasi Jakmall

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship Affiliasi JakmallDunia Internet Marketing itu sangatlah luas. Bisa diimplementasikan dalam bermacam-macam aspek, mulai berjualan, affiliate, buzzer, endorsment dan masih banyak lagi. Nah kali ini minku akan membahas soal Affiliate Marketing yang menarik dan saya akan membagikan pengalaman saya.

Kalian tau kan Jakmall? orang Jabodetabek pastinya kenal dong dengan Jakmall, kalau toko offlinenya itu namanya Jakartanotebook. Saat ini Jakartanotebook sudah berekspansi di berbagai kota-kota besar di Jawa, seperti Surabaya, Semarang, jogja, bandung, Tangerang dan lainnya.

Yang mungkin belum anda ketahui adalah, Jakmall mempunyai sebuah program Affiliasi yang ada. Jadi pada intinya, kalian bisa menjadi dropshiper dari jakmall, anda yang memasarkan, anda yang mencari keuntungan sendiri tapi semua diurusi oleh Jakmall. Ini adalah peluang usaha yang sangat menarik, apalagi saat ini sedang ada pandemi.

Menarik bukan?

Sebelum anda melangkah lebih jauh, pastikan anda membaca pengalaman saya selama bergelut di dunia bisnis jualan tanpa modal dari jakmall ini, agar nanti bisa menjadi pertimbangan anda. Langsung saja yuk…



KELEBIHAN AFFILIASI JAKMALL

  1. Produknya selalu update dan banyak produk baru, bahkan yang belum ada di pasaran, di jakmall sudah menjual.
  2. Lebih dari 100.000 produk bisa dijual lagi
  3. Mayoritas Harga barang paling murah dari semua penyedia layanan dropship. Jadi sangat cocok untuk peluang usaha.
  4. Bebas mencari keuntungan, tidak ada patokan harga maksimal.
  5. Tidak perlu modal untuk stock barang, karena sistemnya dropshiping.
  6. Pengemasan dan pengiriman barang diurus oleh Jakmall
  7. Terdapat sistem SKU (Stock Keeping Unit), sehingga kita dapat dengan mudah mencari barang.
  8. Ada fitur khusus daftar barang yang kita favorit, dimana kita bisa memantau jumlah stock yang ada saat itu.
  9. Jika jadi member terdaftar, Biaya Transaksi Dropship yang murah (2.200 Rupiah), dikalkulasi per transaksi, bukan per barang (Harus satu toko / yang tergabung dalam Pick N Go) sehingga jika ada pembeli anda order produk lebih daru satu, maka keuntungan akan jadi lebih besar. (Namun jika dropshiper biasa, biayanya Rp 5.000)
  10. Bisa dijual di berbagai platform, tidak ada batasan. Kita bisa menjual secara langsung ke teman-teman kita, atau di marketplace yang ada saat ini seperti Tokopedia, Bukalapak, lazada dan lainnya.
  11. Banyak pilihan metode pembayaran.
  12. Terdapat perlindungan Garansi (gratis), jika ada barang tidak sesuai atau cacat, bisa ditukarkan dengan durasi yang sudah ditentukan.
  13. Kadang ada Promo khusus afiliasi di momen-momen tertentu.
  14. Sudah ada sistem cashless, sehingga jika kamu jualan di marketplace, tinggal copy saja resi otomatisnya ke jakmall, nanti akan otomatis terdeteksi.

Nah, setiap kelebihan itu pastinya ada kekurangan dong? Dan berikut ini adalah list kekurangan dari sistem dropshiping dari Jakmall, berdasarkan pengalaman saya ya.

KEKURANGAN AFFILIASI JAKMALL

  1. Untuk menjadi member affiliasi, anda harus membayar biaya registrasi. (senilai Rp350.000, kadang ada diskon).
  2. Membernya sudah banyak, kita harus bersaing dengan member affiliasi yang lebih dulu dropshiping. Biasanya member lama memasang harga yang miring.
  3. Banyak stock kosong pada produk yang baru, dikarenakan banyak yang memborong untuk dijual kembali karena males import sendiri. Ya kayak ada monopoli gitu.
  4. Gambar produk tidak sesuai Realnya (kecuali jika didukung dengan foto biasa, bukan gambar flyer). Yaa, namanya import china.
  5. Respon toko jakmall (Pick N Go) yang lambat jika terjadi problem.
  6. Sangat sulit untuk bisa klaim / refund dana jika ada masalah.
  7. Klaim Garansi yang membutuhkan waktu lama.
  8. Jika memilih metode pengiriman GOSEND/GRAB, tidak ada prioritas walaupun sudah pilih instant. Saya sudah pernah beberapa kali barang tidak terkirim dengan alasan sudah melewati batas waktu yang ditentukan.
  9. Metode pengiriman yang terbatas, saat ini hanya ada JNE, Sicepat, Gosend, J&T Express dan Grab Express.
  10. Cenderung lambat mengikuti trend pengiriman saat ini, sebagai contoh dulu sistemnya masih Resi Manual. Sedangkan di marketplace Tokped, BL dan lainnya sudah sistem cashless. Namun sekarang sudah mengikuti perkembangan.
  11. Tidak ada jaminan barang akan dikirim, terkadang ketika sudah di order dan bayar, tiba-tiba stock habis, namun respon tidak cepat, sehingga terjadi mis komunikasi.

Mungkin itu saja beberapa poin penting seputar kelebihan dan kekurangan Affiliasi Jakmall. Untuk bagian kekurangannya, pastinya ada solusi dari permasalahan tersebut. Berikut ini saya juga share tips-tips penting jika anda bergabung jadi member affiliasi jakmall.

RAJIN KOMUNIKASI

Komunikasikan stok barang ke toko penjual yang bergabung (Pick N Go), sehingga anda dapat mengetahui stock realtime saat itu juga.

Jika ada barang bermasalah, segera komunikasikan ke pembeli anda untuk segera mengirimkan balik barangnya ke alamat garansi jakmall. Hal ini agar proses klaim menjadi lebih cepat.  Dan jangan sampai pihak pembeli membuat tiket komplain di marketplace, mengingat ada durasi yang ditentukan. Jika terjadi seperti itu, usahakan jangan langsung APPROVE komplain untuk mengulur waktu.

Jika terjadi masalah garansi misalnya barang rusak, tidak sesuai, dan lainnya, selalu follow up terus, biar segera di proses. Gunakan nada tinggi atau Capslock saat menulis (walaupun agak gak sopan), jika tidak cepat diselesaikan.

PENGIRIMAN

Usahakan jangan PROSES ORDER di marketplace (jika berjualan di BL/Tokped/Shopee) sebelum orderan affiliasi di jakmall belum keluar resinya. Kecuali jika pihak pembeli anda menggunakan fitur Cashless (resi otomatis).

Hal ini dikarenakan, proses pengiriman jakmall lebih lama, kadang malah tidak dikirim dengan alasan stock habis. Jadi kita masih ada waktu untuk PROSES / BATALKAN, untuk menjaga reputasi toko.

PENJUALAN

Jualah produk-produk yang sudah banyak laku di pasaran, karena menandakan produk itu berkualitas, paling gak sesuai dengan deskripsi dan gambar.

Jika anda punya modal lebih, usahakan anda mencoba membeli produk dari jakmall untuk di review, sebelum menjualnya. Selain kita bisa mengetahui kondisi asli barang tersebut, kita juga bisa foto untuk di pajang di produk yang akan kita jual nanti, mengingat foto asli lebih menarik dari pada foto flyer dan terlihat berbeda. Sehingga pembeli anda akan puas dan memberikan ulasan baik yang dapat meningkatkan reputasi toko.

Pastikan anda memasang harga yang sudah ditambah dengan biaya affiliasi.

DOMISILI

Usahakan anda berada dekat dengan Jakmall atau outlet Jakarta Notebook, dengan begitu anda bisa mengordernya secara offline untuk dijual kembali dan lebih mudah untuk klaim garansi. Bukan berarti diluar daerah itu tidak bisa berjualan, tapi hanya untuk efektifitas.

Nah, itulah sobat pengalaman saya selama Jualan Tanpa Modal dengan berpartisipasi dalam Affiliasi Jakmall. Semoga pengalaman saya diatas dan juga tips berjualan bisa membantu anda dalam menjalankan peluang usaha dropshiping tersebut. Terima kasih.

CATATAN :
Saya sudah tidak berjualan, namun toko saya di tokopedia masih aktif, karena disewa oleh orang, dengan alasan tidak ada waktu luang untuk mengerjakan upload produk baru dan mengurusi penjualannya. Saya fokus ke website serbakuis.com.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *