oleh

Mudah, Inilah Beberapa Cara Merubah TV Analog ke Digital!

Mudah, Inilah Beberapa Cara Merubah TV Analog ke Digital!Mungkin sebuah ada di antara Anda yang mengetahui jika Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo akan melakukan pemberhentian secara bertahap pada siaran langsung televisi Analog Switch Off (ASO).

Ya, dengan adanya arahan ini, maka bagi yang masih menggunakan TV analog jelas tak akan bisa menikmati tayangan televisi. Lantas bagaimana cara merubah tv analog ke digital?

Pertanyaan tersebut bisa terlontar dari penggunaan yang masih menggunakan TV analog. Apakah memang harus mengganti dengan TV digital? Sebenarnya opsi mengganti TV dengan TV digital baru tidak diperlukan.

Anda hanya cukup menggunakan TV analog Anda dan memindahkannya ke TV digital. Untuk mengetahui caranya, bisa langsung saja simak caranya sebagai berikut.


Cara Mudah Untuk Merubah Siaran TV Analog ke TV Digital

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda tak perlu membeli TV digital baru. Ya, Anda masih bisa menggunakan TV analog lama Anda. Tapi ada dua alat tambahan yang harus Anda miliki, alat tersebut adalah STB DVB-2 dan antena digital.

Kedua alat tambahan ini digunakan untuk alat pengkonversi dari sinyal digital menjadi gambar dan suara yang nantinya akan ditampilkan pada TV analog.

Jika sudah menyiapkan kedua alat tersebut, bisa langsung saja untuk mengikuti beberapa langkah cara merubah tv analog ke digital seperti berikut.

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu TV dan STB sudah saling terhubung
  2. Jika sudah, bisa nyalakan TV lalu ke mode AV
  3. Apabila ada beberapa mode AV yang tersedia, Anda dapat memilih mode AV yang sesuai dengan koneksi dari STB, seperti AV1, AV2, dan mode AV lainnya
  4. Setelah mode AV sudah Anda tentukan dengan benar, selanjutnya silahkan nyalakan perangkat STB-nya
  5. Lanjutkan dengan pencet tombol & “Menu” pada remot STB, lalu pilihlah opsi “Pencarian Saluran” kemudian klik “Pencarian Otomatis”
  6. Sekarang tinggal menunggu saja sampai proses pencarian saluran selesai
  7. Jika pencarian sinyal saluran sudah selesai, bisa pilih “Simpan”
  8. TV analog pun sekarang sudah bisa menampilkan siaran TV digital
  9. Selesai.

BACA JUGA :
Ingin Belanja produk Digital? Ini Dia Tempat Terbaik untuk Anda Kunjungi

Itulah beberapa cara mudah dapat Anda lakukan agar bisa tetap menikmati tontonan siaran TV digital pada TV analog Anda. Perlu Anda ketahui, agar TV analog tetap menampilkan siaran TV digital, maka TV analog harus tetap berada di mode AV.

Nah, untuk pengguna TV digital, maka tak perlu menggunakan STB, Anda tinggal memasang antena khusus digital. Dengan Antena khusus ini, pengguna TV digital bisa langsung saja menikmati semua siaran digital tanpa STB.

Untuk STB atau antena TV digital bisa Anda dapatkan di toko elektronik terdekat dan bahkan di marketplace atau toko online. Untuk harga jelas beragam, silakan pilih harga yang sesuai dengan budget yang Anda siapkan.


Tahapan Pemberhentian Siaran TV Analog

Siaran TV analog yang sudah mengudara sejak 60 tahun lalu, memang akan dihentikan. Penghentian ini akan dilakukan secara bertahap mulai sekarang, dan penghentian total direncanakan akan berlangsung pada tanggal 2 November 2022.

Maka dari itulah sudah banyak pengguna TV analog yang berpindah ke TV digital jika memang ingin menikmati layanan tayangan TV. Ada lima tahapan pemberhentian siaran TV analog di Indonesia yang sesuai dengan Permenko Nomor 6 Tahun 2021, yaitu:

  • Tahap I: paling lambat 17 Agustus 2021
  • Tahap II: paling lambat 31 Desember 2021
  • Tahap III: paling lambat 31 Maret 2022
  • Tahap IV: paling lambat 17 Agustus 2022
  • Tahap V: paling lambat 2 November 2022

Untuk kelebihan dari siaran digital adalah kualitas gambar dan audionya lebih jernih dan jelas. Sehingga akan lebih nyaman untuk dinikmati. Silakan untuk melakukan cara merubah TV analog ke digital seperti di atas.

MENANGKAN HADIAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *