oleh

Perlukah Anak Tangga Dipasang Karpet?

By Ini Diselenggarakan Oleh : -139 views

Akhir-akhir ini banyak keluarga yang memasang karpet pada anak tangga di rumahnya. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa tampilan karpet yang atraktif dan permukaan karpet yang halus dipijak memang membuat hunian terasa lebih nyaman. Dibalik kenyamanan dan keindahan dalam rumah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum melapisi tangga dengan karpet

Terdapat  beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa membantu dalam mengambil keputusan ketika memasang karpet di anak tangga.

Kelebihan yang diperoleh, karpet di anak tangga juga memberi beberapa manfaat tersendiri. Misalnya jika merasa terganggu dengan suara derap kaki ketika naik turun tangga, lapisan karpet bisa memberi manfaat yang signifikan. Penggunaan karpet untuk meredam suara telah banyak diaplikasikan untuk rumah yang bising atau memiliki banyak jumlah anggota keluarga.

Adapun kekurangannya, apabila tangga di rumah terbuat dari kayu yang bagus dan kokoh, memasang karpet malah bisa merusak lapisan kayu. Ini karena karpet  harus dipaku setiap sudut anak tangga untuk memastikan karpet terpasang kuat. Akibatnya kayu akan berlubang dan merusak struktur anak tangga.

Meskipun ada beberapa karpet yang memiliki permukaan kasar, anak tangga yang dilapisi karpet justru berpotensi membuat penghuni rumah terjatuh. Ini karena bagian ujung tangga yang tajam justru menjadi tumpul karena tertutup karpet. Dengan demikian, kaki kesulitan membedakan bagian ujung anak tangga.

Tangga yang dilapisi karpet membutuhkan perawatan yang lebih besar. Mulai dari pembersihan, harus digunakan penyedot debu yang dipegang tangan dan membersihkan hingga ke setiap sudut sempitnya.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan di atas, apabila sudah memutuskan untuk memasang karpet di anak tangga, maka harus dipastikan lapisan karpet melekat erat pada lantai. Resiko kecelakaan akibat tergelincir cukup besar apabila salah menempel karpet. Yang perlu dipertimbangkan lagi, memasang karpet di tangga sedikit lebih sulit dibanding di lantai datar

Seseorang  perlu memasang karpet jika di rumah merasa sangat bising. Misalnya dekat dengan jalan raya, jalan yang ramai atau jika banyak anak-anak yang tinggal. Sementara itu, pilihan motif karpet yang cantik bisa membuat tangga anda tampil berbeda dan menyegarkan interior rumah.

Sumber referensi : Tribun Jogja

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan