oleh

Review iPhone 7 di Tahun 2020 : Masih Layak untuk dimiliki?

Kemunculan line-up iPhone terbaru selalu dinanti oleh para penggemarnya, terlihat dari penjualan produk iPhone 11 yang dirilis pada September 2019 lalu mendapatkan respon positif hingga menjadi salah satu smartphone terlaris di tahun 2019. Bagaikan sebuah tradisi, ada fenomena unik dari kemunculan seri iPhone terbaru, yaitu meningkatnya permintaan dari line-up produk iPhone sebelumnya. Mengapa? Ternyata dengan kemunculan produk terbaru, harga produk iPhone seri sebelumnya mengalami penurunan yang cukup drastis dari harga ketika iPhone tersebut diperkenalkan.

Salah satu seri iPhone yang saat ini menjadi incaran konsumen adalah iPhone 7. Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pertama kali diperkenalkan pada September 2016 bersamaan dengan perangkat wireless AirPods dan software iOS 10.

Sudah hampir 4 tahun smartphone ini beredar di pasaran dan masih menjadi incaran banyak orang. Sebenarnya hal apa yang membuat iPhone 7 ini tetap eksis dan apakah iPhone 7 masih layak untuk kamu miliki di tahun 2020? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kelebihan :

Performa yang baik


iPhone 7 dibekali dengan chipset Apple A10 Fusion (16nm) yang diklaim 40% lebih cepat dari chipset Apple A9 yang terdapat pada iPhone 6s. Klaim tersebut memang benar adanya, hingga saat ini di tahun 2020, iPhone 7 yang menggunakan iOS versi terbaru 13.3.1, mampu menjalankan seluruh aplikasi essential dengan lancar. Multitasking di iPhone 7 ini juga tidak ada masalah, beberapa aplikasi dapat dibuka secara bersamaan tanpa penurunan performa meski hanya memiliki RAM sebesar 2GB.
Tak heran, chipset Apple A10 Fusion ini masih digunakan pada perangkat Apple terbaru seperti iPad 9.7 (2018) dan iPad 10.2 (2019). Berdasarkan aplikasi benchmarking yang kami gunakan, performa iPhone 7 memiliki skor 218,122 dengan peringkat device nomor 19 diantara seluruh device iOS yang tercatat pada aplikasi benchmarking tersebut.

 

Mendukung iOS terbaru


Meski sudah dirilis hampir 4 tahun lalu, iPhone 7 masih mendukung iOS versi terbaru yaitu iOS 13. iOS 13 dirilis bersamaan dengan line-up iPhone 11 pada September 2019. Beberapa fitur terbaru dari iOS 13 diantaranya adalah dark mode, yang memungkinan tampilan iPhone menjadi gelap dan lebih nyaman ketika digunakan pada malam hari. Apple juga mengklaim iOS 13 meningkatkan performa dari iPhone serta meningkatkan efisiensi dari app download dan app updates sehingga lebih hemat penggunaan storage.

iPhone 6s adalah generasi iPhone terakhir yang mendapatkan dukungan iOS 13 dan kemungkinan tidak akan mendapatkan dukungan iOS versi berikutnya. Namun, iPhone 7
memiliki kemungkinan untuk mendapatkan dukungan iOS hingga 2-3 tahun kedepan.

Tombol home baru


Ada yang suka, ada pula yang tidak suka dengan tombol home baru pada iPhone 7. Tombol ini sebenarnya adalah kaca yang tidak akan melesak ke dalam ketika ditekan. Tapi Anda tetap bisa merasakan sensasi memencet dengan adanya getaran yang berasal dari Taptic Engine yang ada di dalamnya.

Tombol home model baru ini diyakini tidak akan cepat rusak seperti yang sudah sering terjadi pada iPhone sebelumnya. Dengan begitu Anda tidak perlu ragu dan khawatir untuk sering menekannya. Kini Anda pun sudah bisa melupakan assistive touch.

 

CPU quad-core


Setelah sekian lama menggunakan CPU dual-core, Apple akhirnya menyematkan CPU quad-core pada iPhone 7. Jumlah core yang hanya empat ini tentu kalah banyak dibanding rata-rata smartphone Android yang punya delapan atau bahkan sepuluh inti core.
Tapi seperti yang kita tahu, CPU Apple A10 Fusion pada iPhone 7 punya teknologi super canggih. Dengan clockspeed 2.3 GHz, prosesor ini mampu hasilkan skor AnTuTu Benchmark hingga 180 ribu poin! Saat kami uji bermain game, tidak ada satu pun yang berjalan lag. Apapun yang Anda lakukan menggunakan smartphone satu ini bakal sangat menyenangkan.

 

Performa Baterai


Dibandingkan dengan smartphone Android maupun iPhone terbaru, kapasitas baterai iPhone 7 terlampau jauh. Smartphone keluaran terbaru rata-rata memiliki kapasitas baterai diatas 3.000 mAh, sementara iPhone 7 hanya memiliki kapasitas baterai 1960 mAh. Hal ini menyebabkan baterai iPhone 7 ini lebih cepat habis.
Dalam pengujian untuk penggunaan untuk bersocial media secara terus menerus sambil melakukan streaming musik, iPhone 7 mampu bertahan kurang lebih selama 3-4 jam. Sedangkan untuk memainkan game populer seperti Mobile Legends atau PUBG baterai iPhone 7 terkuras hingga 20-30% untuk satu ronde permainan. Sebagai catatan, pengujian dilakukan dengan device iPhone 7 yang memiliki battery health 83%, tentunya hasil pengujian akan berbeda ketika battery health memiliki kapasitas maksimal.
Oleh karena itu, jika ingin menggunakan iPhone 7 sebagai daily driver, sangat disarankan untuk selalu membawa power bank dan charger iphone ketika bepergian. Agar iPhonemu tetap bisa digunakan sepanjang hari.

 

Speaker stereo.
Kualitas speaker iPhone tidak perlu diragukan. Tahun ini, Apple meningkatkan kualitas speaker iPhone terbarunya. Ada dua buah speaker pada iPhone 7 yang diletakkan di sisi bawah dekat lightning port serta satu lagi ada di dalam earpiece-nya. Suaranya kini lebih lantang dari iPhone 6 dan iPhone 6s, serta lebih detail.

 

Kamera lebih terang dan stabil.


Resolusi kamera utama iPhone 7 tetap 12 MP, sama seperti iPhone 6s. Kualitas gambarnya juga tidak jauh berbeda. Tapi yang jelas, hasil jepretannya memang lebih terang, baik dengan atau tanpa flash. Pasalnya kamera iPhone 7 dilengkapi quad-LED flash true tone dan punya aperture F/1.8 yang bisa menyerap cahaya lebih banyak. Untuk merekam video, iPhone 7 kini sudah dilengkapi OIS. Sedangkan untuk kamera depan kini lebih tajam dengan resolusi 7 MP.

 

Sertifikat IP67


Ini adalah kali pertama Apple merilis iPhone dengan sertifikat IP67 tahan air dan debu. Tapi perlu dicatat, segala kerusakan yang diakibatkan oleh air tidak ditanggung oleh Apple. Sertifikat IP67 ini sifatnya hanya untuk proteksi seandainya iPhone 7 yang Anda miliki terguyur atau tercebur ke dalam air.
Storage lebih lega. Apple sudah membinasakan varian 16 GB pada iPhone 7. Sebagai gantinya, kapasitas terkecil yakni 32 GB, terbilang lumayan daripada hanya 16 GB. Kalau kurang, ada pilihan kapasitas 128 GB yang sudah sangat mencukupi atau bahkan 256 GB yang mungkin tidak akan habis terpakai sampai kapan pun.

 

Kekurangan :

Kemana jack audio ??


Apa pun alasan yang dilontarkan Apple menghilangkan jack audio 3,5 mm, pastinya akan tetap terasa merugikan dan merepotkan. Kami memang merasa repot ketika sedang asyik mendengarkan musik menggunakan earpods, tapi baterai smartphone habis dan harus di-charge. Kedua hal ini tidak bisa dilakukan bersamaan karena hanya ada satu port saja. Kalau tidak mau repot, Anda bisa merogoh kocek untuk membeli Airpods atau headset wireless.

 

Pelit baterai.
Lagi lagi Apple masih enggan untuk sediakan baterai besar pada iPhone. Kapasitas baterai iPhone 7 hanya 1.960 mAh, baka terasa kurang jika digunakan untuk aktivitas padat. Anda harus mengisi baterainya dua kali sehari jika sering bermain game. Adapun rata-rata ketahanan baterainya untuk penggunaan media sosial tanpa bermain game yakni sekitar delapan jam.

 

Tanpa fast charging.
Selain kapasitas kecil dan lumayan cepat habis, baterai iPhone 7 juga tidak punya fitur fast charging. Rata-rata pengisian dari kosong hingga penuh memakan waktu dua jam. Hal ini sangat disayangkan mengingat flagship Android rata-rata sudah mengusung fitur fast charging.

 

 

Kesimpulan :
Berdasarkan review kelebihan dan kekurangan iPhone 7 yang sudah disebutkan di atas, jawaban untuk pertanyaan “Apakah iPhone 7 masih layak dimiliki di tahun 2020?” adalah masih layak untuk dimiliki. iPhone 7 ini cocok untuk pengguna baru yang ingin mencoba ekosistem produk Apple dan untuk pengguna iPhone versi lama seperti iPhone 5s atau iPhone 6 yang ingin meng-upgrade perangkatnya dengan budget yang minim. Kekurangan yang dimilikinya juga masih bisa dimaklumi dan disiasati dengan penggunaan aksesoris tambahan. Untuk kamu yang ingin memiliki iPhone 7, kamu bisa menemukan iPhone 7 baru dan iPhone 7 bekas bergaransi dengan harga mulai dari 3 jutaan di Tokopedia. Kamu juga bisa melakukan tukar

 

sumber :

https://www.tokopedia.com/blog/review-iphone-7/

https://www.brilio.net/creator/apakah-iphone-7-masih-layak-digunakan-pada-2020-ini-ulasannya-88b3ef.html

https://tekno.kompas.com/read/2016/09/09/20080087/yang.harus.diketahui.sebelum.membeli.iphone.7?page=all

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar