oleh

Tips Membuat CV Menarik Agar Dilirik Oleh HRD

By Ini Diselenggarakan Oleh : -84 views

Saat ini mencari pekerjaan untuk menjadi seoarang karyawan memang sangat sulit. Tidak hanya satu dua kali melakukan wawancara, tetapi kadang berkali-kali harus mengikuti wawancara.

Terkadang kita telah mengirim banyak berkas lamaran ke perusahaan namun tidak di panggil oleh HRD. HRD akan menyeleksi berkas-berkas tersebut dan akan di panggil apabila telah lolos seleksi administrasi.

Kebanyakan kita kurang memperhatikan dalam pembuatan CV (Curiculum VItae) padahal HRD akan melihat CV kita dan apabila CV kita menarik dan isinya tersusun rapi maka HRD akan mempertimbangkannya.

Berikut ini Tips membuat CV agar dilirik oleh HRD, sebagai berikut:

  1. Desain CV Terlihat Normal Tapi Kreatif

Sekarang banyak sekali situs-situs online yang telah menyediakan template CV yang dapat kita download secara gratisan. Kita sebagai pelamar kerja harus pandai-pandai memilih template CV karena itu juga akan mempengeruhi nilai kita.

Kemudian periksa ejaan-ejaan setiap kalimat sebelum anda mengirim lamaran berkas online anda. Karena hal ini akan dilihat oleh HRD secara umum dan keseluruhan.

2. Masukkan Pengalaman Organisasi Anda

Tidak semua kemampuan yang anda miliki dapat dibuktikan dalam dunia kerja. Terkadang beberapa skill yang kita miliki dapat dibuktikan dengan pengalaman organisasi dan juga pengalaman berhubungan dengan orang lain.

Dengan semakin banyaknya anda memiliki pengalaman organisasi didalam maupun diluar sekolah, maka akan semakin besar pula anda dilirik oleh HRD dan dapat menjadi nilai tambah anda.

3. Cantumkan Keterampilan Anda

Setiap orang pasti memiliki keterampilan yang berbeda-beda yang telah diberikan kepada kita. Meskipun kita seorang Fresh Graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, kita tidak usah merasa berkecil hati dan merasa pesimis.

Dengan kata lain kita masih punya hobi atau bakat yang dapat kita tonjolkan kepada HRD, sehingga dapat menutupi kita sebagai seorang yang masih baru dalam dunia kerja.

4. Tunjukkan Antusiasme Anda

Anda dapat memanfaatkan surat lamaran kerja anda untuk mencantumkan kalimat yang berisi antusias anda untuk membantu memajukan perusahaan yang akan dilamar.

BERHADIAH :

Tentang Penulis: Bayunoval Rahmanta

Gambar Gravatar
saya senang dalam mepelajari ilmu komputer yang belum saya ketahui sehingga saya dapat berkreasi dengan hal-hal baru

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 comments

  1. Yups bener banget. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, CV itu disusun singkat, jelas dan padat. Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Perhatikan font, jangan terlalu besar pun terlalu kecil. Hindari TYPO!