oleh

Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

By Ini Diselenggarakan Oleh : -21 views

Hai sobat serbakuis, Untuk seluruh masyarakat atau saudara-saudara semuanya. Harap lebih sering mengingatkan orang yang tinggal di rumah antara pk. 08.00 – 14.00 WIB untuk lebih waspada ketika meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

Berdasar info & laporan dari beberapa warga, saat ini sudah mulai lagi aksi rombongan 2 – 3 orang dengan 2 motor yang melakukan aksi pencurian dan perampokan rumah kosong.

Ada beberapa modus dalam aksinya, contohnya
a. Pura-pura jadi petugas PDAM
b. Pura-pura jadi petugas PLN
c. Pura-pura hendak beli rokok di toko / warung kecil.

Satu atau dua orang alihkan perhatian.. kemudian satu orang terobos ke dalam rumah.*

Kita tidak bisa seratus persen mengandalkan bantuan Polisi saja. Tingkatkan kewaspadaan kita sendiri
Waspadallah! di lingkungan sekitar kita karena menjelang Hari Raya idul Fitri Kejahatan semakin meningkat. Jaga di lingkungan kita masing-masing tetap giatkan Siskamling Warga dan pihak Keamanan di lingkungan kita.

Berikut ini beberapa tips untuk meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

  1. Jadi kalau mau ditinggal mudik, lebih baik kita membayar orang untuk menjaga rumah, tentunya yang bisa dipercaya.
  2. Sebisa mungkin membawa barang-barang berharga yang masih bisa di bawa pulang ke kampung halaman.
  3. Memasang berbagai alat alarm anti maling diruma, supaya kalau rumah dimasuki orang tak dikenal akan mengeluarkan bunyi yang keras biar menjadi pusat perhatian warga sekitar yang tidak mudik.
  4. Memasang CCTV. Kamera pengintai ini fungsinya sangat besar, kalaupun rumah kita menjadi objek pencurian, file video bisa menjadi bukti kuat untuk melaporkan ke pihak berwajib. Sehingga mempermudah menemukan pelaku kriminal tersebut
  5. Usahakan memasang CCTV yang versi IP (online) biar bisa dipantau di kampung halaman hanya dengan smartphone anda. Sehingga kita bisa langsung lapor polisi terdekat dari rumah yang kita tinggal agar langsung ditangani.
  6. Berdoa kepada yang Maha Kuasa. Ini adalah salah satu cara yang terakhir dan yang menurut saya harus ikhlas dalam meminta, supaya selalu dilindungi dimanapun kita berada.
BERHADIAH :

Tentang Penulis: Risyad Firmansyah

Gambar Gravatar
Aku adalah Orang yang lahir di Magetan Jawa Timur

Komentar

Tinggalkan Balasan

5 comments