oleh

Vtube – BISNIS TANPA MODAL, apakah dijamin sukses ?

 

 

Diawal bulan Juni 2020, tepatnya ditanggal 2, seorang teman menghubungi saya melalui Whatsapp. Ia menelepon saya dan bercerita tentang sebuah bisnis yang akan ia tekuni. Saya dengan baik mencoba mendengarkannya dan memberi tanggapan semampu saya. Diakhir pembicaraan, saya diajak bergabung dengan bisinis yang akan ia jalani. Bisnis tersebut adalah Vtube, sebuah aplikasi yang “katanya” mampu memberikan saya penghasilan tambahan dengan cara yang mudah. Hanya menonton beberapa iklan yang tersaji di aplikasi tersebut.

Saya pun mengerti bahwa ini modelnya MLM atau Multi Level MarketingDengan mengajak sebanyak banyaknya orang untuk bergabung atau menjadi member. Dimana kita akan menjadi orang atau karyawan dibawah teman yang mengajak kita. Saat kita mampu mengajak orang untuk bergabung kita akan mendapatkan bonus dan saat orang yang diajak bekerja dengan baik, kita pun mendapatkan bonus. Sistem ini telah lama diterapkan dan  sempat Booming atau terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat mengenal MLM sebagai metode yang kotor dan buruk. Karena banyak orang yang pernah merasakan rugi dan tertipu, tetapi ada juga yang berhasil dan sukses.

 

Setelah saya telusuri berdasarkan informasi yang saya dpatkan dari beberapa artikel di internet serta info info dari grup anggota Vtube, saya menyimpulkan bahwa Vtube mempunyai konsep seperti ini :

  • Prelaunching dengan mengajak member awal
  • Member-member awal mengajak orang untuk jadi Member (begitu seterusnya)
  • Awalnya daftar Gratis tapi harus perpanjang dan kalau mau hasil lebih Anda harus Upgrade
  • Perpanjang dan Upgrade harus bayar? Tentu sesuai levelnya
  • Member-member sendirilah yang pasang iklan (bukan perusahaan besar)
  • Tugas Member Nonton Video+Iklan
  • Bonusnya dari Ajak Orang Gabung dan Royalti dari member poin dari member
  • Konversi iklan ada ngga? Masih dipertanyakan

 

   

**beberapa contoh poster promosi pringkat yang dicapai member Vtube

 

Kalau ditanya apakah Vtube akan benar benar membayar member membernya ketika member melakukan penarikan uang dari Vtube, jawabannya saya tidak tahu. Berdasarkan informasi dari grup Whatsapp member Vtube, ada beberapa member yang sudah bisa melakukan penarikan uang ketika  mereka berada di level tertentu. Tetapi saya tidak merasa real akan bukti yang disampaikan, karena poster yang dibuat seakan akan terlihat kurang baik dan meyakinkan bagi saya. Namun jika ternyata benar benar bisa dilakukan penarikan, mungkin sarn saya agar diperbaiki poster pembuktiannya, agar calon member ataupun member baru bisa semakin tertarik.

 

Disini saya mempunyai beberapa pertanyan akan keberlangsungan Vtube :

  1. Video di Vtube darimana dan siapa yang membuat Video?
  2. Berapa banyak penonton Vtube? Paling member-member saja.
  3. Siapa yang akan pasang iklan di Vtube? Paling member-member saja.
  4. Vtube bisnis periklanan?? Hemmm…masih mikir keras

 

Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa semua bisnis penipuan pada awalnya akan membayar semua membernya, tujuannya untuk memberikan bukti sehingga banyak orang yang percaya dan ikut bergabung. Seperti bisnis penipuan yang sudah-sudah, awalnya akan berjalan sesuai dengan marketing plan yang telah dibuat yaitu membayar bonus-bonus semua member, tapi pada kenyatanya telah banyak bisnis semacam ini tidak berujung lama alias scam / penipuan.

 

 

**media poster yang dibuat untuk menjadi bukti pencairan dana Vtube

 

Harapannya sih, Vtube ini bukan penipuannya.

 

Kalo pun penipuan mungkin secra materi uang kita tidak dirugikan, karena kita tidak diminta transfer uang sebagai modal awal (deposit), namun kita akan tetap merasa rugi secara waktu dan kuota, karena banyak waktu yang terkuras dan kuota yang tersedot saat kita melakukan proses menonton video. Tambahan, rasa percaya dari teman akan pudar, kok bisa? Yupp, karena MLM kita akan berusaha mengajak dan meyakinkan banyak orang yang dimulai dari teman teman kita. Sehingga mereka tertarik untuk mengikuti jejak kita, yang mana kita sendiri belum menerima hasil nyatanya. Hasil nyata hanya pada member awal.

 

Tapi waspada dari awal itu boleh, apalagi sudah banyak bisnis berkedok periklanan. Ujung-ujungnya juga penipuan seperti paid to klik, klikshare dan mimiles. Maka dari itu kalian harus tetap berhati-hati guys!!

Apalagi kalau gabungnya harus Upload KTP dan foto Selfie dengan KTP. Denger2 sekarang ketika mendaftar sudah tidak menggunakan poto selfie KTP

 

FYI, saya masih berada di grup Whatsapp Vtube, 1 grup besar dan 1 lain grup kecil buatan teman saya. Kenapa saya tidak keluar saja? Karena saya mau melihat perkembangannya sejauh ini. Karena teman saya ini (yg mengajak saya) mengetahui bahwa saya sudah beberapa waktu tidk menjalankan misi di Vtube, akhirnya dia mengambil alih akun saya dan dia yang menjalankannya.

Itu aja sedikit ulasan mengenai bisnis Vtube, nanti saya akan sertakan beberapa foto / poster yang saya dapat dari berbagai sumber (artikel lain & grup Whatsapp Vtube)

 

** tampilan profil dan misi pada Vtube

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *