oleh

Wikipedia Terkenal Di Dunia Tanpa Iklan, Dari Mana Sumber Pendapatannya?

By Ini Diselenggarakan Oleh : -31 views

Seperti yang kita ketahui bersama, saat berkunjung ke situs Wikipedia, kita tidak akan pernah menemukan iklan disana. Lalu dari mana pendapat mereka?

Sebelum penulis (zendrato team) memberikan jawabnya, penulis ingin memberikan beberapa informasi penting lainnya yang berhubungan dengan topik kali ini,

Check this out!

Dari data alexa.com (situs pemberi rating website di dunia), saat ini Wikipedia menempati posisi ke – 5 situs paling popular di seluruh dunia, di mulai dari google, youtube, facebook, dan baidu. (klik disini melihat data realnya)

Sesuai dengan topik yang di pilih penulis kali ini, terlepas dari sumber pendapat lain yang dimiliki mereka, 4 situs diatas tangga dari wikipedia tersebut menambah pundi pundinya dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan cara menampilkan iklan di situs mereka, (kali ini kita khusus membahas pendapatan dari iklan).

 

  1. GOOGLE

Saat anda berkunjung di google, pasti dengan sangat mudah anda dapat menemukan berbagi iklan di situs wikipedia, baik di tampilan email, blog atau produk yang lain yang berada di bawah payung google.

 

  1. YOUTUBE

Kemudian youtube juga demikian, mejadi anak perusahaan google, youtube juga sudah jelas dan teman-teman juga sudah tentu tau dengan pasti kalau situs berbagi video terpopuler di dunia itu memiliki iklan yang di tampilkan di dalam situsnya, hal ini adalah dasar yang mereka jadikan untuk tetap bisa memberikan layanan kepada para pengguna setia mereka,

 

  1. Facebook

Facebook adalah sosmed terbesar saat ini, dan dengan pasti kita tau semua, pendapatan terbesar perusahaan raksasa yang bermarkas di Menlo Park, California ini memiliki pendapatan terbesarnya dari penampilan iklan di situs mereka.

Ini adalah hal yang sudah tak asing bagi kita semua, setiap pengunjung yang datang ke situs mereka, dapat di pastikan akan bertemu dengan iklan di beberapa sesi saat mengakses akun pengguna.

 

  1. Baidu

Mesin pencari asal negri bambu ini mengalahkan google di Negara asalnya, dan hal ini menjadikannya menjadi situs terpopuler di negaranya, dan tidak berbeda jauh dengan google, Baidu juga menambahkan pendapatnnya dengan beriklan di situs resmi mereka.

 

Yang berikutnya adalah …

 

  1. Wikipedia

Poin terpenting dari tulisan per kali ini adalah mengenai sumber penghasilan Wikipedia,

Nah, penghasilan Wikipediaitu bersumber dari DONASI, Jimmy Wales selaku pendiri pernah mengatakan di blog pribadinya, bahwa sekiranya jika para pengguna Wikipedia memberikan donasi $ 5 saja, dalam sehari maka akan terkumpul dana tersebut mempu untuk mebiayai Perusahaannya dalam setahun.

Namun kita tau, DONASI tidaklah dipaksakan, dan sampai saat ini, Wikipedia masih kokoh walau hanya bersumber dari DONASI. Sekiranya Wikipedia memuat iklan dalam situsnya, kemungkinan besar pendapat mereka bisa melapaui pendapatan Facebook.

Terkait dengan DONASI, Google meberikan DONASI secara nyata kepada Wikipedia, walau bukan dalam bentuk uang, Google selalu mengurutkan Wikipedia di list pertama dalam hasil pencarian di mesin Google mereka.

 

Demikian informasi sumber pendapat / penghasilan Wikipedia.

 

Semoga bermanfaat / semoga info ini dapat mengingatkan kembali bagi para teman-teman uang sudah tau sebelumnya.

Rgds,

Zendrato team

BERHADIAH :

Tentang Penulis: zendrato

Gambar Gravatar

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 comments