oleh

Jenis Kamera Digital Untuk Kontes Foto / Video

Publisher -Uncategorized-1.016 views

Jenis Kamera Digital Untuk Kontes Foto / Video – Halo sobat serbakuis, terima kasih atas ketertarikan sobat untuk membaca artikel yang saya buat berikut ini. Kalau kita mau ikutan kontes foto, tetapi tidak punya kamera, tentunya kita tidak bisa ikutan. Nah, oleh karena itu dengan mempersiapkan kamera yang sesuai dengan syarat dan ketentuan kontes foto merupakan hal yang wajib diperhatikan.

Jaman dulu kalau mau membuat foto harus menggunakan kamera yang ada film roll nya, jadi kalau mau mencetak foto harus di cucikan ke tukang service foto, sehingga boros waktu dan sangat membosankan. Sedangkan zaman sekarang, adalah zamannya digital.

Namun, apakah sobat sudah mengetahui jenis-jenis kamera digital yang bisa digunakan untuk ikutan kompetisi foto atau video berhadiah??? kalau belum tau semuanya, mendingan baca artikel saya ini ya, supaya menambah wawasan kamu dalam dunia fotografi. Oke langsung saja, saya mulai

1. Kamera Pocket (Saku)


Kamera jenis ini adalah kamera digital yang kelasnya bisa dikatakan yang paling murah, karena harganya bervariasi mulai yang murah sampai yang mahal (BACA: 10 Kamera Pocket Murah Dibawah 1 Jutaan). Kamera yang sangat compact dibawa kemana-mana, karena kita bisa membawanya dengan memasukan ke dalam saku baju atau celana, atau didalam tas kecil sekalipun, jadi tidak memakan tempat.

Jenis kamera ini cukup simpel dengan tombol navigasi yang mudah dipelajari. Kalau sekarang kamera jenis ini sudah tidak menggunakan baterai jenis tabung atau yang sering digunakan pada jam dinding, melainkan sudah menggunakan baterai kotak pipih seperti yang digunakan pada baterai handphone / smartphone.

2. Kamera Prosumer (super Zoom)


Kamera keren dengan lensa yang super zoom, sangat cocok untuk anda yang malu-malu untuk memotret moment disekitar sobat, karena kita bisa memotretnya jarak jauh tetapi kualitas foto tetap terjaga kalau tepat dalam pemotretannya. Kamera ini menggunakan lensa yang bisa memanjang, namun tidak bisa dilepas seperti layaknya kamera DSLR. Penggunaannya juga semudah menggunakan kamera Pocket dan lumayan simpel.

Untuk masalah harganya, kamera ini berkisar antara 1 sampai puluhan juta

3. Kamera DSLR (Digital Single lens Reflex)


Ini adalah jenis kamera yang biasa digunakan dalam dunia Fotografi profesional. Kamera ini menggunakan alat tambahan yang bisa diganti-ganti, yaitu adalah Lensa Kameranya. Ukuran kamera sebenarnya tidak besar, hanya karena bentuknya yang tidak simpel, membuat kamera ini lebih banyak memakan tempat. Namun sudah ada tas khusus untuk kamera DSLR.

Untuk menggunakan kamera DSLR cenderung lebih repot dibandingkan dengan kamera pocket, karena banyaknya tombol menu untuk setting manual, tetapi sudah dibantu dengan adanya menu otomatis yang bisa menyesuaikan kualitas gambar berdasarkan objek nya. Tetapi saya yakin semuanya bisa menggunakannya, kalau mau mencoba dan punya.

Kamera favorit anak muda di zaman sekarang ini harganya tidaklah lah semurah Kamera Pocket, yaitu berkisar antara 4 Juta – Ratusan Juta. Berminat beli??

4. Kamera Mirrorless


Kalau menurut berita yang saya dapatkan dari Internet, kamera jenis ini baru ada sekitar tahun 2008 yang lalu. Apa itu Mirrorless?? kamera ini adalah kamera yang mirip dengan DSLR, tetapi menghilangkan cermin atau pentaprima yang umum ditanamkan pada DSLR. Kalau untuk tampilan, kamera ini seperti kamera Pocket yang diberi lensa tambahan yang bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan.

Kelebihan dari kamera ini adalah lensa yang bisa digonta-ganti, kualitasnya seperti DSLR, tetapi harganya itu muahal mahal, berkisar antara 3 sampai puluhan juta.

5. Kamera Aksi (Actiom Camera)


Actiom cam adalah sebuah Kamera yang ngetren beberapa tahun belakangan ini. Kamera jenis ini adalah kamera yang paling simpel dan cenderung mini, mengingat produk ini memang dibuat khusus untuk para pecinta petualangan termasuk olahraga. Didesain kuat dan kokoh, namun tetap mengedepankan kualitas gambar dan videonya.

Walaupun khusus buat kamera aksi, tetapi tidak ada salahnya untuk memotret objek buat diikutkan kontes foto, karena kualitas gambar dari action camera ini adalah super keren, apalagi yang beremerk Gopro itu :D. Paling cocok untuk ikutan kompetisi video deh, mantap pokoknya!

Kalau untuk produk yang terkenal saat ini adalah GoPro yang harganya mulai 5 jutaan. Karena harga yang mahal dan bentuknya yang mungil, dan juga terkenal, bahkan berbagai perusahaan merek china ingin menyainginya, mereka menciptakan action kamera versi murah dan murah banget.

6. Kamera Smartphone


Siapa bilang kamera Smartphone tidak boleh buat ikutan kontes foto berhadiah? kamera ini juga tidak kalau dengan kamera-kamera yang berkualitas tinggi, apalagi sekarang jamannya pada saingan fitur yang keren. Kamera smartphone tidak bisa dipandang sebelah mata, karena lambat laun teknologinya dibuat untuk menyangi kualitas kamera profesional.

Kalau menurut saya, smartphone dengan kualitas kamera yang bagus itu yang mereknya Oppo, Sony, dan iPhone, itu udah keren-keren banget hasil gambarnya, silahkan dibandingkan dengan smartphone yang lain. Kualitas kamera smartphone juga menentukan besar harganya.

7. Kamera WEB (Web Cam)


Kamera mungil yang biasanya nempel pada komputer, sehingga tampilan dekstop komputer lebih terlihat keren. Kalau untuk di laptop atau notebook, web cam sudah tertempel di bagian atas layar monitor. Untuk kamera jenis ini juga bisa kok buat ikutan kontes foto atau video, sangat cocok untuk ikutan kontes video tutorial. Harganya? murah sampai mahal ada.

8. Kamera Tangan (Handycam)


Kata siapa Handycam hanya bisa buat merekam moment ke dalam bentuk video? eh jangan salah ada beberapa handycam yang bisa untuk snapshot objek menjadi sebuah gambar foto. Walaupun kualitas fotonya kurang bagus, tetapi yang penting kamera jenis ini juga bisa buat ikutan kontes foto atau video. hehe.

Itulah jenis-jenis kamera digital yang bisa digunakan untuk ikutan kontes foto berhadiah. Gimana apakah kamu sudah paham? kalau belum paham silahkan cari informasinya yang lebih detail di google. Kalau ada pendapat lainnya, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini ya, Semoga artikel ini bermanfaat, salam Serbakuis.com.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Terbaru