oleh

6 Tips Aman Belanja Lewat Facebook

6 Tips Aman Belanja Lewat FacebookFacebook merupakan salah satu platform media sosial paling besar di Indonesia dimana ada jutaan bahkan hingga milyaran orang telah terhubung satu sama yang lain.

Tidak hanya sekedar sebagai media sosial, namun sekarang ini Facebook juga digunakan sebagai salah satu media untuk berjualan. Dengan Facebook para seller bisa menawarkan produk yang mereka jual dengan mudah.



Para pembeli pun juga bisa memilih produk yang mereka ingin beli dengan leluasa. Akan tetapi, anda harus tetap waspada karena jual beli online selalu memiliki celah untuk penipuan.

Oleh karena itu, apabila anda berniat ingin belanja online di Facebook anda harus mengikuti beberapa tips aman belanja lewat Facebook di bawah ini.

BACA JUGA : Tips Memilih Kran Air Yang Tahan Lama

1. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah

Harga yang murah memang sering kali begitu menggoda bagi siapa saja yang ingin belanja. Namun, anda tidak boleh begitu saja tergiur dengan harga produk yang murah karena bisa saja harga murah tersebut digunakan oleh penipu untuk menggaet mangsanya.

Oleh karena itu, apabila anda melihat penjual di Facebook yang menawarkan harga sangat murah dan tidak masuk akal, maka anda harus lebih waspada. Karena bisa saja penjual tersebut adalah penipu.


2. Cek testimoni pembeli lain

Dalam setiap jual beli online pasti akan ada yang namanya testimoni dari pelanggan sebelumnya. Biasanya testimoni ini bisa anda temukan di kolom komentar. Apabila di kolom komentar penjual hanya ada sedikit testimoni atau bahkan tidak ada sama sekali, maka anda perlu waspada.

Ketika melihat testimoni dari pelanggan terdahulu anda juga harus teliti, karena tidak jarang para penipu juga membuat akun palsu dan kemudian memberikan komentar pada lapak mereka sendiri agar mereka terlihat kredibel dan terpercaya.

BACA JUGA : Cara Memilih Popok Bayi Yang Aman Untuk Kulit

3. Bertanyalah pada rekan

Tips aman belanja lewat Facebook selanjutnya adalah mintalah saran pada rekan anda. Ketika anda menemukan produk dengan harga yang relatif murah dan anda tertarik untuk membelinya, maka sebaiknya jangan serta merta membeli produk tersebut.

Alangkah baiknya anda bertanya terlebih dahulu pada rekan atau teman anda yang sering belanja online lewat Facebook. Atau anda juga bisa bertanya pada rekan anda yang sama-sama bergabung dalam forum jual beli online.

Biasanya, orang-orang yang telah bergabung dengan forum jual beli bisa membedakan mana penjual yang asli dan mana yang penipu.

4. Cek profil penjual

Anda juga harus mengecek profil penjual ketika ingin belanja online lewat Faceebok. Apabila profil penjual terkesan tertutup atau tidak lengkap, maka anda harus lebih waspada.

Karena biasanya penipu akan menggunakan fake account atau second account mereka untuk mencari mangsanya. Jangan lupa juga untuk cek foto gallery penjual tersebut.

Biasanya penjual yang terpercaya akan mengunggah foto- foto yang bisa mendukung penjualan mereka seperti foto resi pengiriman barang, foto paket yang akan dikirim, dan lain sebagainya.

5. Tanyakan identitas penjual

Anda juga bisa menanyakan identitas penjual, mintalah kepada penjual tersebut untuk mengirimkan KTP kepada anda. Setelah itu, pastikan rekening bank mereka sama dengan nama yang ada pada KTP tersebut. Apabila identitasnya berbeda, maka sebaiknya anda tidak melakukan transaksi tersebut.

BACA JUGA : 7 Cara Cari Uang Di TikTok Untuk Menambah Penghasilan

6. Mintalah rekening bersama

Tips belanja aman lewat Facebook selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan meminta rekening bersama. Penipu pada umumnya akan menolak ketika anda meminta untuk melakukan transaksi menggunakan rekening bersama.

Demikianlah beberapa tips aman belanja lewat Facebook yang bisa anda lakukan. Namun, anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada banyak sekali penjual di Facebook yang jujur dan terpercaya. Semoga dengan tips diatas anda bisa berbelanja dengan aman. Happy shopping!

MENANGKAN HADIAH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *