oleh

Pengalaman Belanja Online di BL Produk Tidak Sesuai Judul & Gambar

By Ini Diselenggarakan Oleh : -282 views

Belanja online itu memang menyenangkan. Kita tidak perlu pergi kemana-mana tinggal di kamar sambil tiduran, buka smartphone sudah bisa transaksi belanja online tanpa ribet.

Tapi apakah anda pernah memikirkan, bahwa marketplace seperti tokopedia atau bukalapak dan kawan pesaingnya tidak bisa menjamin barang yang dikirim penjual sesuai pesanan?

Jawaban saya TIDAK MENJAMIN.

Jawaban tersebut ada ketentuan khusus ya, yaitu khusus penjual yang belum pernah mempunyai reputasi.

Jadi gini, saya belum lama ini telah melakukan transaksi di Bukalapak dengan nilai sebesar Rp 950.000 (harga produk).

Produk yang saya beli ini adalah Mikrotik 52shpacn bekas alias seken seperti yang tertulis di judul dan gambar penjual. Bisa cek screenshot dibawah ini.

Sudah jelas kan ya? yang dijual tipenya Mikrotik 52shpacn.

Saya kira barang yang saya beli tersebut sesuai gambar dan deskripsi penjual.

Tapi sesampainya dirumah, saya belum begitu paham. Namun setelah saya melakukan settingan pada software winbox, ternyata tidak ada pilihan 2.5Ghz frekuensinya hanya tersedia 5.8ghz.

Disini saya baru nyadar, berarti ini beda tipe. Benar saja setelah saya cek di produknya ternyata memang benar, yang datang adalah produk Mikrotik-5shpn, jelas-jelas ini berbeda dengan judul, deskripsi dan gambar yang diposting penjual.

Jelas berbeda spesifikasi tipe 52 pada mikrotik artinya Dual Band yaitu bisa digunakan untuk frekuensi 2 poin dan 5 point (tidak bisa digunakan secara bersamaan).

Langsung saja balik badan dan melakukan komplain di bukalapak.

Beberapa menit saya melakukan rembukan dengan penjual, penjualnyabilang “ya memang itu gan barang yang kami jual, batangan, tidak ada power adaptor”.

Saya tidak mempermasalahkan batangan dan tidak ada aksesorisnya, yang saya permasalahkan disini, penjual mengirimkan produk yang berbeda dengan deskripsi dan judul serta gambar.

Ya sudah setelah itu penjual meminta saya untuk mengembalikan produknya. Langsung saya kirimkan hari berikutnya.

Jadi hal ini bisa jadi pengalaman saudara-saudara, untuk selalu menanyakan kondisi produk jika beli produk bekas ke penjual. Jadi pertanyaan “SESUAI GAMBAR DAN DESKRIPSI YA GAN?” itu wajar ditanyakan pembeli, khususnya untuk produk seken.

Hal yang bisa dilakukan sebelum membeli biar tidak terjadi masalah seperti saya ini, bisa cek ulasan pembeli pada produk yang dijual.

Tapi semua itu tidak berlaku, jika yang anda beli ada produk bekas dan penjual belum mempunyai reputasi bagus di marketplace.

Sekian terima kasih.

BERHADIAH :

Komentar

Tinggalkan Balasan

3 comments