oleh
Akan Berakhir Tanggal : 2020

Investasi Terbaik untuk Persiapkan Masa Pensiun

Publisher -Advertorial-343 views

Menjalani masa tua yang sejahtera dan bahagia menjadi impian setiap orang. Namun, tidak semua orang dapat menikmati mimpi masa tua yang seperti itu ketika sudah menghadapi kenyataan harus bertahan di masa pensiun. Ketika pensiun tiba, investasi terbaik untuk finansial yang mumpuni nyatanya belum dipersiapkan secara matang. Investasi jugа bеrtujuаn untuk mеnjаgа aset, Sаlаh ѕаtunуа уаng bіѕа Andа lakukan аdаlаh dеngаn mendaftarkan dіrі Andа ke аѕurаnѕі kеѕеhаtаn, Seperti Asuransi dari PFI Mega Life.

Karena itu, menjadi penting mengetahui jenis-jenis investasi yang cocok untuk menjadi persiapan masa pensiun Anda. Ani agar ketika sudah tidak lagi produktif dalam bekerja, Anda tetap bisa mempertahankan kondisi finansial, bahkan jika bisa lebih baik lagi.

Selain berinvestasi, beragam prinsip untuk mencapai masa pensiun sejahtera pun mesti Anda jalankan. Berikut ini adalah beberapa prinsip yang mesti Anda pegang untuk bisa memperoleh kebebasan finansial ketika masa pensiun menjelang.

1. Kelola Arus Kas

Masa pensiun akan hancur berantakan apabila ketika Anda masih bekerja namun tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Salah satu indikator keuangan yang buruk adalah arus kas yang tidak jelas.

Anda memiliki pendapatan yang cukup besar, tetapi entah kenapa tiap bulannya uang Anda selalu habis di tengah bulan tanpa tahu ke mana mengalirnya. Cobalah membuat sistem arus kas yang jelas untuk bisa mengetahui asal pendapatan, sekaligus merekam ke mana saja dana pemasukan Anda habis digunakan.

2. Tekan Utang

Jika tidak perlu-perlu sekali, Anda sebaiknya menghindari utang dalam pengelolaan keuangan. Anda bisa saja mengambil utang, tetapi sebaiknya untuk yang bersifat produktif, misalnya untuk keperluan bisnis. Jika terlanjur memiliki utang konsumtif yang membebani keuangan Anda, seperti utang kartu kredit, segera lunasi utang tersebut. Jika tidak bisa langsung melunasi, tekan nominal utang semaksimal mungkin.

3. Mulai Sisihkan Dana

Persiapan masa pensiun tidak akan pernah terwujud apabila Anda tidak melakukan aksi nyata. Cara paling awal yang mesti Anda lakukan adalah mulai menyisihkan pendapatan setiap bulan guna persiapan dana pensiun.

Jangan terlalu ambisius menyisihkan dana terlalu besar. Menyisihkan dana sedikit demi sedikit dan konsisten akan lebih memiliki efek positif ke depannya. Sedikit tips agar penyisihan dana berjalan lancar adalah lakukan penyisihan di awal bulan sebelum mengalokasikannya ke berbagai kantong pengeluaran.

4. Tambah Pendapatan

Anda merasa tidak bisa menyisihkan dana karena pengeluaran terlalu banyak, bahkan membuat arus kas mengalami defisit tiap bulan. Jika demikian, sudah saatnya Anda mencari tambahan pendapatan. Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan di samping pekerjaan utama. Menjadi pekerja lepas sesuai hobi Anda juga tidak ada salahnya.

5. Pilih Investasi Terbaik

Dana yang sudah berhasil Anda sisihkan sebaiknya tidak hanya diendapkan dalam tabungan biasa. Anda mesti mengingat bahwa ada inflasi tiap tahun yang berkisar 3-4 persen. Artinya, nilai uang tabungan Anda akan berkurang jauh ketika Anda sudah memasuki usia pensiun. Cara terbaik untuk mempertahankan nilai dana sisihan Anda atau bahkan mengembangkannya hanya dengan cara memasukkannya ke dalam jenis-jenis investasi yang berprospek cemerlang, yang bunganya melampaui rata-rata tingkat inflasi tiap tahun.

Mencari Investasi Pensiun

Investasi menjadi jalan paling tepat guna bisa membuat dana Anda berkembang dan dapat menyejahterakan masa pensiun. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih investasi. Pertimbangkan risiko dari tindakan investasi yang Anda lakukan serta menganalisis berapa besar potensi keuntungan yang dapat diperoleh.

Berikut jenis-jenis investasi terbaik yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera dan bahagia.

1. Deposito

Hampir tiap orang sudah mengenal produk deposito. Produk perbankan yang satu ini sudah cukup lama dikenal sebagai investasi aman karena dana yang Anda simpan di dalamnya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Deposito juga menjanjikan keuntungan yang melebihi tabungan biasa.

Bunga deposito kerap melebihi rata-rata inflasi tahunan. Saat ini rata-rata bunga deposito yang berlaku di Indonesia berkisar 5-6 persen. Bunga tersebut bersifat tentatif alias bisa naik ataupun turun bergantung dengan suku bunga yang ditetapkan Bank Indonesia.

Deposito juga digemari sebagai produk investasi karena sifatnya yang lumayan cair sehingga Anda mudah mendapatkan dana kembali sesuai jangka waktu yang telah disepakati, antara 1, 3, 6, atau 12 bulan.

2. Emas

Sedari dulu emas sudah terkenal sebagai alat tukar pembayaran. Tidak seperti nilai uang uang selalu berkurang karena tergerus inflasi, nilai emas sebagai alat pembayaran cenderung tetap dan tidak terpengaruh inflasi yang terjadi. Dikarenakan alasan inilah, emas kerap dijadikan pilihan investasi.

Semakin banyak emas yang Anda kumpulkan, semakin besar pula simpanan yang tidak nilainya aman dan tidak tergerus oleh kenaikan harga-harga barang yang terjadi. Bagi Anda yang memilih emas untuk investasi, pilihlah jenis emas berbentuk logam mulia, bukan perhiasan.

3. ORI

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) merupakan investasi yang satu ini makin populer karena dianggap aman sekaligus menawarkan hasil menggiurkan. Ditambah lagi, ORI dianggap produk investasi yang dapat membantu pembangunan negara.

Imbal hasil untuk produk ORI bahkan bisa mencapai 8 persen tiap tahun. Ketika memutuskan mengambil jenis investasi yang satu ini, Anda mesti menyadari dana Anda akan terkunci selama 2-5 tahun. Dengan konsep penguncian ini, sebenarnya ORI sangat pas dijadikan investasi terbaik guna persiapan masa pensiun.

4. Saham

Sebagian orang masih menganggap saham sebagai produk investasi yang memiliki tingkat risiko tinggi. Kondisi tersebut tidaklah salah. Namun yang mesti Anda sadari, risiko besar dari permainan investasi saham sebanding dengan keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika memilih jenis investasi ini.

Hanya dalam beberapa tahun, nilai saham bisa melonjak hingga berkali-kali lipat. Anda pun sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir memasukkan sebagian dana persiapan pensiun ke dalam produk saham. Semakin lama dana Anda terendap, semakin kecil pula bayang-bayang risiko yang mengintai dana Anda.

5. Reksadana Anda tertarik dengan investasi saham, tetapi termasuk yang bingung mengenai cara pengaplikasiannya? Cobalah mempertimbangkan reksadana sebagai investasi terbaik guna masa pensiun Anda.

Bunga atau imbal hasil reksadana tergolong tinggi. Beberapa produk reksa dana bahkan bisa memberikan pengembalian lebih tinggi 30 persen dari dana awal Anda. Selain pengembalian yang besar, berinvestasi di produk keuangan ini sangatlah mudah karena dana dikelola manajer investasi.

Tidak hanya berinvestasi ke ragam produk keuangan yang berprospek cerah, Anda juga mesti mempersiapkan kesehatan guna menghadapi masa pensiun. Jangan sampai dana investasi yang sudah Anda kumpulkan terpaksa habis tiba-tiba akibat Anda sakit dan mesti membayar biaya pengobatan yang tidak sedikit. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan asuransi kesehatan yang mumpuni, seperti dari PFI Mega Life.

Asuransi kesehatan Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life bisa menjadi pertimbangan Anda dalam mempersiapkan masa pensiun. Menjadi peserta asuransi kesehatan artinya Anda akan memiliki perlindungan terkait biaya pengobatan apabila sekali waktu Anda jatuh sakit. Di samping memberi perlindungan biaya kesehatan, saat ini pun banyak jenis asuransi kesehatan yang memberikan tambahan manfaat berupa investasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Terbaru